Bahan Alami Ini Bisa Bikin Bibir Cantik dan Cerah, Ini Dia

Bahan Alami Ini Bisa Bikin Bibir Cantik dan Cerah, Ini Dia

Bibir yang cantik dan cerah menjadi dambaan setiap wanita agar tampil maksimal--

DISWAYJATENG – Bibir cantik dan berwarna cerah adalah hal yang menjadi dambaan bagi orang. Terutama kaum wanita, bibir merupakan area yang sensitif. Banyak wanita menginginkan bibirnya terlihat cantik serta seksi.

Cuaca yang dingin dan bibir terasa kering menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah bahkan luka. Untuk mencegah serta mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah, anda dapat melakukan perawatan alami sendiri menggunakan bahan alami.

Cara Merawat Bibir secara Alami

Setiap wanita sudah pasti suka menggunakan pemerah bibir atau lipstick. Bibir akan tampak cantik ketika menggunakan perona bibir tersebut. Namun, akan menjadi berbeda ketika anda sedang tidak memakai lipstick . bibir akan langsung terlihat kering, berwarna gelap bahkan iritasi.

Bagian kulit pada bibir jauh lebih tipis jika kita bandingkan dengan bagian kulit lainnya. Berikut cara merawat bibir menggunakan bahan alami.

1.       Minum Banyak Cairan

Bibir cenderung mudah kering dan pecah-pecah karena tidak mengandung kelenjar minyak. Untuk membuatnya terhidrasi minumlah banyak air. Jika anda mempunyai kebiasaan menjilat bibir sebaiknya jangan anda lakukan lagi. Hal ini akan mengurangi kelembaban bibir anda. Kebiasaan merokok juga dapat membuat bibir berwarna gelap dan kering.

2.       Memakai Pelembab Alami

Cara merawat bibir selanjutnya adalah memakai pelembab bibir. Berbagai herbal alami dapat anda gunakan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Mengutip dari Indian Journal of Dermatology, gel lidah buaya murni memiliki khasiat menenangkan , menyembuhkan dan menjaga kesehatan bibir. Stroberi juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang menjadikannya bagus untuk menutrisi kulit bibir.

3.       Hindari Produk Iritan

Mengutip dari American Academy of Dermatology, beberapa produk dapat merusak nutrisi pada bibir bahkan bisa menyebabkan iritasi. Untuk membantu menyembuhkannya hentikan pemakaian produk bibir yang mengandung salah satu dari daftar berikut ini:

a.       Kamper

b.      Kayu putih

c.       Perasa, kayu manis serta jeruk asam yang bisa mengiritasi bibir kering dan pecah-pecah.

d.      Lanolin

e.      Menthol

f.        Oktinoksat

g.       Propyl gallate

h.      Fenol

i.         Asam salisilat

4.       Memakai Sunscreen Bibir

Bibir merupakan salah satu organ tubuh yang menerima banyak paparan sinar matahari. Sehingga bibir juga memerlukan perlindungan untuk mencegah kanker kulit. Kanker kulit  pada area ini bisa sangat berbahaya. Gunakanlah pelembab bibir yang mengandung tabir surya SPF 15 atau lebih tinggi. Saat ini sudah banyak produk pelembab bibir yang mengandung SPF.

5.       Hentikan Kebiasaan Menggigit Bibir

Jika bibir terasa kering, mungkin kebiasaan kita akan membasahinya atau menjilatnya. Hal ini tidak baik bagi kesehatan bibir anda. Saat air liur menguap, bibir akan menjadi lebih kering. Menggigit bibir terlalu sering juga membuat bibir iritaso yang dapat membuat mengelupas dan terasa perih.

6.       Gaya Hidup Sehat

Asap rokok, polusi dan bahan kimia dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit serta membuat bibir terlihat gelap atau keriput. Kebiasaan seperti merokok juga dapat memperburuk efek ini dan membuat warna bibir tampak lebih gelap. Mengenakan masker ubtuk menutupi bagian bibir juga dapat melindungi dari paparan polusi.

BACA JUGA:Ingin Alis Tebal? Gampang Banget Caranya, Hanya dengan Bahan Ini

7.       Eksolisasi Bibir

Anda juga harus rajin mengankat kulit mati pada bibir dengan eksoliasi. Bersihkan kulit mati yang kering dengan menyikat lembut bibir dengan sikat gigi atau kain yang lembut dan basah.

Mengeksoliasi bibir dapat mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan pembengkakan, pendarahan atau kering. Setelah tahapan ini, oleskan pelembab untuk menghidrasi secara optimal. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: