Ruang Penyimpanan Tetap Penuh Padahal Sudah Dihapus? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Ribet

Ruang Penyimpanan Tetap Penuh Padahal Sudah Dihapus? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Ribet

--

DISWAYJATENG.ID - Pada era digital saat ini, seringkali kita menghadapi masalah penyimpanan memori penuh di perangkat elektronik anda. Ketika penyimpanan penuh, kita tidak dapat menyimpan file baru, mengunduh aplikasi, atau bahkan mengambil foto. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips praktis untuk membantu anda mengatasi masalah penyimpanan memori penuh dan mengoptimalkan ruang penyimpanan di perangkat anda.

1. Hapus File Tersembunyi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus file yang tidak terpakai di perangkat anda. Termasuk file foto, video, musik, atau dokumen yang sudah tidak terbutuhkan lagi.Oleh karena itu, anda dapat memindahkan file tersebut ke perangkat lain atau menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk menyimpannya secara online.

2. Gunakan Fitur Pemadaman Otomatis

Beberapa aplikasi memiliki fitur pemadaman otomatis yang dapat membersihkan cache dan file sementara secara otomatis. Aktifkan fitur ini di pengaturan aplikasi yang mendukungnya untuk membersihkan ruang penyimpanan secara teratur tanpa harus melakukannya secara manual.

3. Hapus Aplikasi

Selain file, periksa juga aplikasi yang tidak terpakai di perangkat anda. Hapus aplikasi yang jarang anda gunakan atau yang memiliki ukuran besar. Anda dapat melihat daftar aplikasi yang menghabiskan ruang penyimpanan dengan masuk ke pengaturan perangkat dan memilih opsi "Penyimpanan" atau "Ruangan" untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan ruang penyimpanan terbanyak.

BACA JUGA: antiribet 6 cara bersihkan memori hp

4. Pindahkan Media ke Kartu SD 

Apabila perangkat anda memiliki slot kartu SD, pertimbangkan untuk memindahkan file media seperti foto, video, dan musik ke kartu SD. Sehingga dengan hal ini akan membantu mengurangi beban penyimpanan internal perangkat dan memberikan lebih banyak ruang untuk aplikasi dan data penting lainnya.

5. Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive dapat menjadi solusi yang baik untuk mengatasi masalah penyimpanan penuh. Unggah file-file anda ke cloud untuk menyimpannya secara online dan mengaksesnya kapan saja. Ini juga mengurangi beban penyimpanan di perangkat anda.

6. Periksa dan Hapus File Unduhan

Buka folder "Unduhan" di perangkat anda dan periksa file unduhan yang telah selesai atau tidak terperlukan lagi. Hapus file-file tersebut untuk membersihkan ruang penyimpanan. Pastikan anda memeriksa folder unduhan di aplikasi browser, aplikasi email, dan aplikasi lainnya yang mungkin juga menyimpan file unduhan.

7. Hapus Riwayat Pesan dan Riwayat Panggilan

Riwayat pesan dan panggilan di aplikasi pesan dan telepon dapat mengambil ruang penyimpanan yang signifikan. Hapus riwayat pesan dan panggilan yang tidak lagi terperlukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Anda juga dapat mengatur pengaturan aplikasi untuk membatasi jumlah pesan atau panggilan yang disimpan.

BACA JUGA:HP Cepat Panas? Anda Bisa Lakukan Ini..

8. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi merupakan data sementara yang tersimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu akses dan kinerja. Namun, cache aplikasi dapat mengambil ruang penyimpanan yang signifikan seiring waktu pemakean. Hapus cache aplikasi secara berkala melalui pengaturan perangkat anda atau menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di toko aplikasi.

9. Gunakan Eksternal Storage

Jika perangkat anda mendukung koneksi USB atau koneksi nirkabel ke perangkat penyimpanan eksternal seperti hard drive eksternal atau flash drive, gunakanlah. Anda dapat memindahkan file-file besar ke penyimpanan eksternal untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal perangkat Anda.

10. Reset Perangkat

Apabila semua langkah di atas masih tidak cukup untuk mengatasi masalah penyimpanan memori penuh, anda dapat mempertimbangkan untuk mereset perangkat anda ke pengaturan pabrik.

Namun, pastikan anda melakukan cadangan data penting sebelum melakukan reset, karena proses ini akan menghapus semua data di perangkat lyang anda gunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: