Catat! Panduan Negosiasi Gaji yang Efektif Selama Interview yang Wajib Kamu Tahu

Catat! Panduan Negosiasi Gaji yang Efektif Selama Interview yang Wajib Kamu Tahu

--

DISWAYJATENG.ID - Saat menjalani proses wawancara kerja, salah satu momen krusial yang dapat mempengaruhi keputusan akhir adalah negosiasi gaji. Banyak kandidat yang sering kali merasa canggung atau tidak yakin dalam memulai pembicaraan tentang gaji.

Berikut panduan efektif untuk melakukan negosiasi gaji 

 

1. Penelitian sebelumnya

Sebelum menghadiri wawancara, lakukan penelitian menyeluruh tentang kisaran gaji yang biasanya memberikan posisi yang anda lamar.

Carilah informasi melalui situs web, forum, atau sumber daya lainnya yang dapat memberikan gambaran tentang apa yang bisa terharapkan dalam industri dan peran yang anda lamar.

Dengan pengetahuan ini, anda akan memiliki dasar yang kuat untuk memulai negosiasi gaji.

2. Tunda pembicaraan tentang gaji

Upayakan untuk tidak membahas gaji terlalu awal dalam proses wawancara. Biarkan pihak pewawancara membahas topik tersebut terlebih dahulu.

Jika mereka meminta informasi tentang harapan gaji anda, cobalah untuk menunda pembicaraan dan berfokus pada keahlian, pengalaman, dan nilai yang dapat anda tawarkan kepada perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesan bahwa anda lebih tertarik pada kesesuaian peran dan budaya perusahaan daripada gaji.

3. Jelaskan nilai yang anda bawa

Setelah menyoroti kekuatan dan pengalaman yang relevan selama wawancara, ketika saatnya tiba, berikan argumen yang kuat tentang mengapa anda layak mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi.

Fokuskan pada kontribusi yang dapat anda berikan dan bagaimana hal tersebut akan membantu perusahaan mencapai tujuan mereka.

Jelaskan bagaimana pengalaman, pendidikan, atau sertifikasi anda memberikan nilai tambah yang signifikan.

Hal ini dapat mempengaruhi pandangan perusahaan terhadap nilai yang anda berikan dan membantu dalam negosiasi gaji.

3. Berikan rentang atau kisaran gaji

Ketika diminta untuk memberikan ekspektasi gaji, berikan rentang atau kisaran gaji yang luas. Jangan memberikan angka pasti. Berikan rentang yang mencakup gaji minimum ideal yang anda harapkan.

Ini memberi fleksibilitas dalam negosiasi dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti manfaat tambahan, bonus, atau kesempatan pengembangan karir.

4. Jaga sikap profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: