360 Calhaj Jateng Sudah Terbang Perdana ke Tanah Suci, Pelayanan Disiapkan

360 Calhaj Jateng Sudah Terbang Perdana ke Tanah Suci, Pelayanan Disiapkan

Jemaah haji Jateng kloter pertama asal Embarkasi Solo diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo menuju Tanah Suci (Foto: Bandara Adi Soemarmo)--

SOLO, DISWAYJATENG.ID - Sebanyak 360 jemaah haji Jawa Tengah (Jateng) asal Embarkasi Solo, perdana diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo menuju ke tanah suci.

Rombongan yang tergabung dalam kolter 1 itu terbang Rabu (24/5) pukul 00.30 WIB dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia.

PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Ibnu Solikin mengatakan jemaah haji yang tergabung dalam kloter pertama ini berasal dari beberapa kabupaten dan kota.

Diantaranya berasal dari Grobogan, Demak, Kendal, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, Klaten, Karanganyar, dan Wonogiri.

Adapula dari Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pati, Jepara, Kudus, Rembang, Blora, Semarang, Salatiga, Magelang, Tegal, Yogyakarta, dan Solo.

“Sebelum diberangkatkan, jemaah haji terlebih dahulu menginap semalam di Asrama Haji Donohudan guna dilakukan pemeriksaan  kesehatan, dokumen dan pembekalan dari panitia,” jelas dia.

Sebagai informasi,  total jemaah haji tahun 2023 ini dari Bandara Adi Soemarmo berjumlah 33.664 jemaah atau naik 117% dibandingkan tahun lalu.

Untuk penerbangan jemaah haji Gelombang I ke Madinah berangkat pada 24 Mei – 7 Juni 2023.

Gelombang II ke Jeddah berangkat 7 – 22 Juni 2023. Sedangkan untuk kepulangan Gelombang I dari Jeddah pada 4 – 18 Juli 2023 dan Gelombang II dari Madinah pada 19 Juli – 2 Agustus 2023.

Pelayanan Calon Haji Jateng

Ibnu Solikin menyampaikan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan yang matang untuk kelancaran dan suksesnya proses pemberangkatan calhaj asal Jateng tersebut.

“Manajemen Bandara Adi Soemarmo telah memastikan kesiapan fasilitas sarana dan prasarana bandara,” kata dia, Rabu 24 Mei 2023.

Kesiapan ini mulai dari alat pendukung penerbangan, persiapan keamanan, dan persiapan personel pendukung.

Selain itu, jalur keluar dan masuk kendaraan jemaah haji telah dipersiapkan dengan baik dan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: