Kelaikan Daging di Pasar Tradisional Kabupaten Pemalang Dicek

Kelaikan Daging di Pasar Tradisional Kabupaten Pemalang Dicek

CEK - Petugas mengecek kelaikan Daging di pasar tradisional. Foto : M Ridwan/Radar Pemalang --

PEMALANG - Petugas keamanan pangan Dinas Pertanian Kabupaten PEMALANG melakukan monitoring dan vvaluasi produk daging di sejumlah pasar tradisional.

 

Medik Veteriner Dokter Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang drh Hafiz Faizal menyampaikan, petugas melakukan monev di dua pasar yaitu Pasar Comal dan Pasar Pagi Pemalang. Dari hasil pemeriksaan menggunakan alat ukur kadar air daging menunjukkan kandungan air yang baik tidak melebihi kadar air yang ditentukan. 

 

“Alhamdulillah semua yang kita periksa daging kambing, ayam dan sapi semuanya bagus dengan parameter kadar air yang tidak melebihi 80 persen,” ujarnya, Selasa (4/4/2023).

 

Pihaknya juga memeriksa potongan pada daging ayam untuk memastikan potongannya sudah memenuhi syarat halal.

 

“Sudah memenuhi, ada tiga yakni terputusnya saluran makanan, saluran nafas dan saluran darah dan itu sudah tercukupi semua,” kata Faizal.

 

Tim juga melakukan pemeriksaan harga dan stok barang kebutuhan pokok masyarakat untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri. Dari hasil monev di dua pasar tradisional maupun di tingkat distributor, semua harga cenderung stabil dan tidak ada perubahan yang signifikan.

 

"Stok kebutuhan pokok masyarakat masih aman untuk kebutuhan Lebaran 2023," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: