Sembilan Desa di Empat Kecamatan Terendam Banjir

Sembilan Desa di Empat Kecamatan Terendam Banjir

Rumah di Desa Lembarawa Kecamatan Brebes terendam banjir. --

BREBES - Sedikitnya 9 desa yang tersebar di empat kecamatan Kabupaten Brebes terendam banjir. Selain rumah, lahan pertanian padi dan bawang merah juga terkena dampak. Data tersebut seperti dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Brebes, Kamis (2/3). 

"Semuanya ada sembilan desa yang terkena banjir hari ini. Desa desa itu ada di empat Kecamatan, Brebes, Jatibarang, Songgom dan Larangan," kata Rismanto, Sub Koordinator Kedaruratan BPBD Brebes.

Di Kecamatan Brebes, desa yang terkena banjir adalah Lembarawa dan Kalimati. Kecamatan Larangan masing masing Desa Karangbale, Siandong, Kecamatan Songgom di Desa Dukuhmaja dan Jatirokeh, Kecamatan Jatibarang meliputi Kemiriamba, Bojong dan Rengas Bandung.

Warga yang terdampak banjir masih banyak yang mengandalkan bantuan. Mereka mengaku tidak bisa memasak sehingga hanya menunggu bantuan datang. Maka tidak mengherankan, warga langsung menyerbu saat ada bantuan datang. "Mau masak gimana, dapur terendam. Jadi hanya mengandalkan bantuan datang," ucap Rusmi, 39, warga Lembarawa.

Sampai saat ini, BPBD Brebes masih terus melakukan pendataan di lokasi bencana. Rismanto meneruskan, belum diketahui secara pasti jumlah rumah yang terdampak. "Belum bisa diketahui, tapi bervariasi. Di Lembarawa itu yang terdampak 26 RT. Petugas masih melakukan pendataan," ucapnya.

Menurut Riswanto, banjir di sembilan desa itu karena hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore hingga malam. Beberapa saluran dan sungai di Brebes tak bisa menampung air hujan dan meluap masuk rumah warga dan menggenangi sawah. Selain rumah lahan pertanian padi dan bawang juga terendam. Di Desa Lembarawa misalnya, ada puluhan hektar lahan padi dan bawang yang tenggelam. Tanaman tanaman ini bahkan tidak terlihat pucuknya karena kedalaman air.

Kades Lembarawa, Oktavianto mengatakan, lahan pertanian yang terdampak banjir akan mati dalam waktu dekat. Karena tanaman itu terendam secara keseluruhan. "Sawah sawah disini musnah semua, padi sama bawang. Ada tanaman yang hari ini dijadwalkan akan panen, ada yang kurang satu minggu panen," ungkap Kades Lembarawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: