Innalilahi! Bus Jemaah Umrah Indonesia Kecelakaan di Mekkah, 2 Orang Meninggal, 6 Luka-luka

Innalilahi! Bus Jemaah Umrah Indonesia Kecelakaan di Mekkah, 2 Orang Meninggal, 6 Luka-luka

Ilustrasi, Pelaksanaan umrah--FIN--

JAKARTA, (DiswayJateng.id)- Bus rombongan jemaah umrah asal Indonesia mengalami kecelakaan di Mekkah, Arab Saudi. 

Sebanyak 2 jemaah umrah Indonesia wafat dalam insiden tersebut. Sementara 6 lainnya luka-luka.

Kecelakaan ini terjadi pada Selasa 25 Oktober 2022, waktu setempat. Peristiwa ini menyebabkan dua warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha sampaikan jika kecelakaan para jemaah Indonesia itu merupakan kecelakaan tunggal.

"Kecelakaan bus jemaah umrah di wilayah Mekkah. Pada tanggal 25 Oktober 2022 telah terjadi kecelakaan tunggal pada bus yang membawa jemaah WNI yang ada di wilayah Mekkah," ucap Judha Nugraha dalam konfrensi pers briefin Kemlu pada Kamis, 27 Oktober 2022.

"Kejadiannya tanggal 25 Oktober, pukul 11.30 malam," sambungnya.

Judha menyampaikan, jika dua WNI yang jadi korban kecelakaan itu merupakan pengemudi bus dan muthawif.

Setelah menderangar peristiwa ini dari Konsulat Jeneral Republik Indonesia, Jeddah mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah ke Mekkah untuk sampaikan informasi setempat.

"Diperoleh informasi bahwa kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak lain. Nah kecelakaan ini menewaskan dua warga negara Indonesia yaitu driver pengemudi dan juga Muthawif," ucap Judha

Judha menyampaikan, terdapat enam WNI alami luka-luka akibat kecelakaan itu.

Lima orang sudah melanjutkan perjalanan, semetara satu orang masih dalam perawatan.

"Sedangkan tercatat 6 jemaah umrah yang mengalami luka-luka. Saat ini untuk yang luka-luka dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekkah dan 5 diantaranya telah dapat melanjutkan perjalanan umrah. Satu masih dalam perawatan," kata Judha.

Kemlu turut berduka cita atas kecelakaan ini yang menewaskan WNI. Selain itu Judha memastikan KJRI Jeddah siap memberikan bantuan.

"Atas kecelakaan ini kami mengucapkan turut berduka cita dan KJRI Jeddah telah memberikan bantuan dan siap memberikan bantuan kepada jemaah dan juga WNI," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin