Smansa Memilih 2022, Pilih Ketua OSIS Ada Tahapan-tahapannya

Smansa Memilih 2022, Pilih Ketua OSIS Ada Tahapan-tahapannya

Kandidat Ketua OSIS SMA Negeri 1 Brebes kenalkan diri.--

BREBES, (DiswayJateng) - SMA Negeri 1 Brebes mengadakan pemilihan Ketua OSIS periode 2022 - 2023. Kegiatan yang digagas Majelis Perwakilan Kelas (MPK) ini mengusung tema Smansa Memilih 2022.

Diawali dengan tes wawancara dan tertulis, panitia berhasil menjaring 3 kandidat calon ketua OSIS, yaitu M Farel Raditiyatama (XI IPA 5), Adinda Luhuring Pangesti (XI IPA 2), Gilan Eka Elginar ( XI IPA 4). Hal ini sesuai dengan SK MPK Nomor 10/VIII/2022.

Ketua panitia Smansa Memilih 2022 Gunawan Maulana mengatakan, tahapan Smansa Memilih dilaksanakan setiap pagi selama selam lima hari. Pada Senin, 1 Agustus 2022 pengumuman kandidat yang terjaring sebagai Calon Ketua Osis Periode 2022-2023 usai upacara bendera. 

Dilanjutkan dengan pengambilan nomor undian para kandidat. Adapun nomor undi didapatkan Nomor 1. M Farel Raditiyatama (XI IPA 5). Nomor 2 Adinda Luhuring Pangesti (XI IPA 2) dan nomor 3, Gilan Eka Elginar ( XI IPA 4). Sekaligus memperkenalkan diri masing-masing di depan para siswa yang telah mengikuti upacara bendera. 

"Kemudian Selasa, (2/8) menyampaikan orasi ilmiah dan membacakan Visi Misi kandidat yang didampingi tim sukses masing-masing. Serta menunjukan bakat yang dimiliki oleh setiap kandidat," katanya. 

Dia melanjutkan, ketiga calon kandidat Ketua OSIS sepakat menerima apapun hasilnya, dan siap bekerjasama dalam pelaksanaan program kegiatan Osis.

Rabu, (3/8/2022) adalah debat antar kandidat, yang terbagi dalam empat sesi. Sesi pertama para kandidat mengambil undian pertanyaan yang telah disediakan panitia dan menjawab secara langsung di depan para siswa dan panelis. "Sesi kedua, tanggapan maupun sangahan, para kandidat atas jawaban kandidat lain dalam acara debat kandidat," ungkapnya. 

Pada sesi ketiga debat kandidat dengan memberikan waktu kepada tiga siswa sebagai perwakilan, untuk memberikan pertanyaan kepada ketiga kandidat calon ketua OSIS. Sesi keempat, saatnya para fanelis memberikan tanggapan terhadap jawaban para kandidat, sekaligus memberikan masukan dan pertanyaan terhadap ketiga calon ketua OSIS tersebut.

Para fanelis terdiri dari Waka Kesiswaan Lukman Nur Hakim SPsi MPd, Pembina Osis Afiat Adi Pranoto SPd. Perwakilan pembina ekskul Annis Choirunisa SPd. Dan di moderatori oleh Ibu Uliyahwati SPd.

Sedangkan pada hari kamis (4/8/2022) adalah hari tenang. Tidak ada kegiatan Smansa memilih dan panitia mempersiapkan perencanaan pemilihan secara langsung berbasis online.

Jumat, (5/8/2022) adalah hari pemilihan Ketua OSIS periode 2022/2022 yang bertempat di aula Wijayakusuma. "Pada Smansa memilih 2022 diharapkan setiap siswa memberikan hak suaranya untuk memilih calon ketua OSIS," ungkap dia. 

Gunawan menegaskan, dengan sistem online ini ia berharap tidak ada kecurangan dan bisa diketahui hasil dengan cepat tidak menunggu lama.

Sedangkan pada hari Senin (8/8/2022) akan diumumkan secara resmi perolehan suatra dan siapa yang berhak menjadi ketua Osis 2022/2023. "Semoga Smansa Memilih 2022 berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Menghasilkan ketua Osis yang kompeten," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: