Tak Mampu Bayar Kontrol Lanjutan, Baznas Kota Tegal Beri Bantuan Balita Gizi Buruk

Tak Mampu Bayar Kontrol Lanjutan, Baznas Kota Tegal Beri Bantuan Balita Gizi Buruk

Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manap didampingi IPSM Kota Tegal menyerahkan bantuan di Kantor Baznas Kota Tegal, kemarin. (FOTO MEIWAN DANI RISTANTO/RADAR TEGAL)--

TEGAL (Disway Jateng) - Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Tegal memberikan bantuan kepada balita gizi buruk. Bantuan diberikan untuk biaya kontrol lanjutan sebesar Rp1 juta. Bantuan diserahkan di kepada orang tua balita gizi buruk di Kantor Baznas Kota Tegal, kemarin.

”Saya prihatin karena di Kota Tegal ada warga yang mengalami gizi buruk, dan Baznas tidak bisa memberikan bantuan banyak hanya bisa memberikan bantuan untuk biaya kontrol lanjutan. Karena ini, kita juga menyerahkan bantuan untuk yang lainya yaitu biaya pengobatan warga yang hernia dan biaya tunggakan rumah sakit karena tidak memiliki BPJS,” kata Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manap, Jumat (17/6).

Balita yang mengalami gizi buruk tersebut Alya Nisa Dzakiyah warga Jalan Kapten Sudibyo, RT 9 RW VII, Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan. Adanya gizi buruk diketahui Ketika orang tua Alya akan melakukan imunisasi. Saat itu berat badan Alya berkurang.

”Saya tidak jadi melakukan imunisasi karena berat badan berkurang, dan saya berusaha memberikan susu agar berat badan naik dahulu,” ujar Orang Tua Alya, Riski Apriantika.

Tetapi berat badanya terus menurun, sehingga Alya dibawa ke Rumah Sakit (RS) tetapi mengalami diare, dehidrasi dan bronkitis. Akhirnya dirawat satu minggu, bahkan dibantu dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas setempat.  ”Namun setelah pulang dari Rumah sakit, saya membutuhkan biaya untuk kontrol lanjutan. Alhamdulilah, dibantu dari Baznas Kota Tegal,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal