18 Klub Bersaing di Liga 1, Kick Off 27 Juli, Bisa Saja dengan Penonton ke Stadion

18 Klub Bersaing di Liga 1, Kick Off 27 Juli, Bisa Saja dengan Penonton ke Stadion

JAKARTA, (DiswayJateng) -- Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia Liga 1 musim 2022/2023 rencananya akan dimulai pada 27 Juli mendatang.

"BRI Liga 1 musim depan mudah-mudahan digelar pada 27 Juli 2022," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-92 PSSI, kemarin.

PSSI dan PT LIB membuka wacana untuk kembali menghadirkan penonton ke stadion pada Liga 1 musim depan setelah pada musim lalu kompetisi terpaksa digelar secara tertutup karena kondisi pandemi COVID-19.

Liga 1 2022-2023 nanti tetap diisi oleh 18 klub dan tiga tim berstatus promosi dari Liga 2 2021.

Tiga tim promosi di Liga 1 musim depan adalah Persis Solo selaku juara Liga 2 2021. Lalu, Rans Cilegon FC serta Dewa United FC sebagai runner-up sekaligus tim peringkat tiga Liga 2 2021.

Sementara tiga klub lainnya harus terlempar dari persaingan kompetisi Liga 1 Indonesia dan turun kasta ke Liga 2, yakni Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, dan Persela Lamongan.

Klub Liga 1 yang bertahan dari musim lalu adalah Persita Tangerang, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Persikabo 1973.

Kemudian Persebaya Surabaya, juara bertahan Bali United, Barito Putera, Borneo FC, dan PSM Makassar.

Sebelum kompetisi digelar PSSI akan menggelar turnamen pramusim. Namun pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyatakan bahwa rencana penyelenggaraan turnamen pramusim itu belum final.

"Apakah namanya Piala Presiden atau Piala Menpora atau yang lain kita lihat nanti," sambungnya.

Ia menuturkan, masih perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, salah satunya PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pada musim lalu, PSSI menggelar turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021. Persija Jakarta keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Persib Bandung.

Editor: Ismail Fuad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: