JAKARTA, Diswayjateng.com — PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi meluncurkan program bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan bagi mitra pengemudi roda dua dan roda empat berprestasi.
Kebijakan ini menjadikan GoTo sebagai ekosistem digital pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan jaminan sosial secara langsung bagi mitranya.
Program yang masuk dalam Program Apresiasi Mitra tersebut diberikan kepada ratusan ribu mitra berperforma terbaik di seluruh Indonesia. Sebagai tahap awal, inisiatif ini menyasar 10.000 Mitra Juara di Surabaya.
Hans Patuwo, President On-Demand Services (ODS) sekaligus Chief Operating Officer GoTo, mengatakan langkah ini sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja sektor transportasi daring.
BACA JUGA:Polres Tegal Apel Harkamtibmas Bersama Komunitas Ojek Online
“Program bantuan BPJS ini merupakan upaya berkelanjutan agar mitra dapat mencari nafkah dengan lebih aman, tenang, dan sejahtera,” ujar Hans, Jumat 12 Desember 2025.
Ia menegaskan komitmen perusahaan untuk terus mendengarkan, melindungi, dan menyejahterakan mitra sebagai bagian dari nilai inti GoTo.
Dalam mekanismenya GoTo menanggung BPJS Ketenagakerjaan yakni iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).
BPJS Kesehatan: bersifat opsional, dan GoTo akan membayarkan iuran bagi mitra yang bersedia menjadi peserta.
Sesuai regulasi pemerintah, kewajiban iuran untuk anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga tetap menjadi tanggung jawab mitra.
Program Apresiasi Mitra diperuntukkan bagi mereka yang masuk kategori Mitra Juara, yakni mitra dengan tingkat keaktifan tinggi, performa prima, dan kualitas layanan terbaik.
Di Surabaya pendaftaran dimulai pada 11 Desember 2025 melalui aplikasi Gojek Driver, kepesertaan berlaku mulai 2 Januari 2026.
Untuk diluar Surabaya, pendaftaran dibuka pasa 1 Januari 2026.Kepesertaan berlaku mulai 2 Februari 2026.
GoTo memastikan program ini akan diperluas bertahap hingga menjangkau ratusan ribu mitra terbaik di seluruh Indonesia.
Hans menambahkan bahwa inisiatif ini menjadi langkah konkret perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan para mitra.