PEMALANG, diswayjateng.id – Ratusan warga Pemalang tampak antusias menukarkan uang pecahan baru di gerai mobile Bank Indonesia (BI) cabang Tegal, yang berlokasi di Komplek Masjid Agung Alun-alun Pemalang. (11/3/2025). Meskipun layanan penukaran baru dimulai pukul 9 pagi, warga sudah mulai mengantre sejak pukul 7 pagi.
Sebelum menukarkan uang, warga diwajibkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi berbasis website PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) yang dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id. Setiap orang diperbolehkan menukarkan uang maksimal satu paket senilai Rp 4,3 juta.
Penggunaan aplikasi PINTAR ini diharapkan dapat mengurangi antrean dan kepadatan di lokasi penukaran, sekaligus meningkatkan kenyamanan dan efisiensi distribusi uang baru kepada masyarakat.
"Kita dari jam 7 sempat ngobrol dengan warga lain, kita sudah antre lewat online, daftar minggu pagi jam 9 pagi, ini tadi menukar Rp 4,3 juta untuk dibagi ke keponakan pas lebaran," ujar Bagas Satrio, warga Slawi yang hadir di lokasi penukaran uang.
Seperti yang diungkapkan Bagas, banyak warga yang menukarkan uang baru untuk keperluan lebaran, terutama untuk dibagikan kepada keluarga dan sanak saudara sebagai bagian dari tradisi bersedekah di hari raya Idul Fitri.
"Menukar Rp 2,3 juta, tadi nunggu lama dari jam 9, rencana mau buat THR bocil (bocah cilik), biasanya suami yang nukar uang lewat Bank," terang Lustiani, warga Petarukan.
Kegiatan penukaran uang Rupiah ini merupakan bagian dari program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2025 dengan tema "Menjaga Rupiah di Bulan Penuh Berkah". Program ini bertujuan memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2025.
Bank Indonesia Tegal menyiapkan total uang senilai Rp 5,071 triliun, atau meningkat 9,05% dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk melayani masyarakat, BI Tegal bekerja sama dengan perbankan dan mitra strategis membuka 58 titik layanan penukaran uang di wilayah eks-karesidenan Pekalongan. Layanan ini berlangsung dari tanggal 6 hingga 26 Maret 2025.
Dalam rilis resminya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Bimala, menyampaikan apresiasi kepada seluruh perbankan dan mitra strategis atas dukungan dan kolaborasinya dalam kegiatan SERAMBI 2025. "Sinergi ini diharapkan dapat terus terjalin erat guna memastikan kebutuhan uang masyarakat terpenuhi dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai," ujar Bimala. (*)