Cara Mendapatkan Endorse hingga Rp325 Ribu untuk Pemula

Rabu 05-03-2025,04:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Selain membangun citra pribadi, penting juga untuk menentukan siapa audiens yang ingin dijangkau, termasuk rentang usia yang menjadi target. Dengan mengetahui audiens sasaran, kita dapat lebih mudah merancang jenis konten yang sesuai.

Misalnya, selebgram Anita Noviyanti yang mengusung gaya kekinian yang disukai anak muda, ditambah dengan caption yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

5. Konten yang sesuai kebijakan

Akun yang memiliki konten yang melanggar kebijakan tidak akan mendapatkan tawaran endorse. Jika tawaran yang diterima melanggar, maka merek lain pun enggan untuk melakukan promosi di akun tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak membuat konten yang melanggar kebijakan komunitas.

BACA JUGA:9 Aplikasi Penghasil Uang Cair ke DANA

BACA JUGA:10 Aplikasi Survei Penghasil Uang Rp150 Ribu, Langsung Cair ke Rekening

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Endorsemen

1. Jumlah Pengikut

Jumlah pengikut di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan. Misalnya, jika melakukan endorsement dengan akun yang memiliki dua juta pengikut, maka iklan tersebut berpotensi dilihat oleh dua juta orang.

2. Karakter yang Sesuai

Pengusaha atau produsen perlu memperhatikan karakter individu yang akan diajak bekerja sama. Karakter tersebut harus sesuai dengan segmen produk yang ditawarkan.

Hal ini dapat dilihat dari frekuensi posting yang dilakukan oleh pemilik akun. Misalnya, jika ingin mengendorse produk kosmetik, pilihlah selebgram yang memiliki relevansi dengan produk tersebut agar endorsement yang dilakukan tepat sasaran.

3. Tingkat Keterlibatan

Tingkat keterlibatan yang tinggi akan meningkatkan peluang iklan untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu, tingkat keterlibatan juga membantu pengiklan menghindari akun-akun dengan pengikut palsu. Banyak selebgram yang membeli pengikut untuk meningkatkan nilai endorsement mereka.

4. Tarif

Setelah mempertimbangkan semua aspek, langkah selanjutnya adalah menentukan tarif. Setiap selebgram memiliki tarif yang bervariasi. Selebgram dengan tingkat keterlibatan yang tinggi biasanya menetapkan tarif yang lebih tinggi pula.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mendapatkan endorse bagi pemula. Beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan iklan endorsement adalah kedekatan selebgram dengan pengikutnya.

Oleh karena itu, keberhasilan dalam iklan endorse sangat bergantung pada tingkat keterlibatan atau engagement rate. Engagement rate adalah persentase yang menunjukkan seberapa banyak pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial.

Kategori :