Program Kelas Literasi, 50 Warga Binaan Rutan Salatiga Belajar Membatik

Kamis 17-10-2024,11:51 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

SALATIGA, jateng.disway.id - Rutan Salatiga memberikan pelatihan literasi membatik dikemas dalam "Kelas Literasi" kepada warga binaan, Kamis 17 Oktober 2024.

Bekal pembinaan dan pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini yang dibalut dalam program Kelas Literasi menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpersip) Kota Salatiga.

"Program Kelas Literasi menjadi salah satu inovasi pembinaan dengan mengeksplor kreasi, keahlian dan keterampilan para WBP melalui kegiatan membatik," kata Kepala Rutan Salatiga Redy Agian.

Diakui Redy, program Kelas Literasi menjadi salah satu program khusus untuk mengasah kemampuan, mengeksplor keahlian, kreatifitas dan keterampilan para WBP dengan membatik.

BACA JUGA:Sambang Warga di Kelurahan Tingkir Lor, Pj Wali Kota Salatiga Sampaikan Tiga Isu Nasional

BACA JUGA:Pj Wali Kota, Asisten Setda Hingga Plt Inspektur Kota Salatiga Tandatangani Pakta Integritas

Dengan program ini, Redy berharap para WBP dapat mempelajari dan mengekspresikan diri sehingga nantinya dapat dijadikan bekal yang bermanfaat saat mereka bebas.

"Ada sekitar 50 peserta warga binaan ini sekaligus menjadi sarana pengembangan literasi berbasis inklusi sosial," ungkapnya.

Kelas Literasi khususnya membatik itu, kembali ditegaskan Redy sebagai bentuk kepedulian kepada warga binaan.

Salah satu peseta Kelas Literasi, Rizal yang terjerat perkara narkotika mengaku senang dengan adanya kegiatan membatik ini. Kegiatan membatik di dalam penjara diakuinya menjadi solusi dan sarana menampilkan kreatifitas para warga binaan.

BACA JUGA:Bawaslu Salatiga Pastikan Kades Bantal Langgar Netralitas, Rekomendasi Dikirim ke Bupati

BACA JUGA:Kapolres Salatiga: Warga Temukan Pelanggaran Netralitas, Langsung Laporkan ke Posko!

"Sehingga saat bebas nanti dapat kami manfaatkan ilmu yang didapat disini untuk menjadi pribadi yang lebih baik," pungkasnya.

Kategori :