Diundang Pelantikan Pimpinan DPRD Kudus, Kehadiran Dua Cabup Jadi Sorotan

Kamis 17-10-2024,06:03 WIB
Reporter : Arief Pramono
Editor : Laela Nurchayati

KUDUS, jateng.disway.id - Tidak seperti pelantikan-pelantikan sebelumnya, prosesi pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus kali ini terasa istimewa.

Sebab kedua Calon Bupati (Cabup) yang berkontestasi di Pilkada Kudus, juga diundang menyaksikan seremonial pelantikan pimpinan DPRD Kudus.

Pelantikan pimpinan DPRD Kudus di gedung DPRD setempat, digelar  Rabu 15 Oktober 2024. Dua orang calon bupati Kudus Sam’ani Intakoris dan HM Hartopo hadir ikut menyaksikan pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Kudus periode 2024-2029.

Dari pantauan jateng.disway.id, Cabup nomor urut 01, Sam’ani Intakoris datang lebih awal di gedung DPRD Kudus. Selanjutnya disusul Cabup nomor urut 02 Hartopo, hadir di saat prosesi pelantikan Pimpinan DPRD Kudus sudah dimulai.

BACA JUGA:Kalahkan Ratusan Tim 16 Negara, Tim Riset Inovasi Herbal MAN 2 Kudus Berjaya

BACA JUGA:KBRI Washington DC Dukung Inovasi IAIN Kudus Jadi Rujukan Kampus Islam Dunia

Kedua Cabup Kudus yang berlatar belakang mantan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Bupati Petahana ini, duduk menempati kursi undangan terdepan. Di tengah-tengah mereka, duduk berdampingan dengan komisioner KPU dan Bawaslu Kudus.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kudus H Masan pun mengapresiasi kehadiran dua calon bupati yang berkontestasi di Pilkada Kudus.

Ia menyebut bahwa kedua calon bupati Kudus itu merupakan orang-orang terbaik yang akan membawa Kabupaten Kudus sejahtera, sehat dan berkah.

“Semoga melalui Pilkada nanti terpilih pemimpin yang mampu membawa Kabupaten Kudus, sejahtera, sehat dan berkah,” ujar Masan yang juga politisi PDIP Kudus.

BACA JUGA:Job Fair Upaya Kurangi Pengangguran, Faktanya 15.600 Warga Kudus Tak Punya Pekerjaan

BACA JUGA:Berobsesi Jadi Kampus Islam Dunia, IAIN Kudus Kolaborasi Universitas di Amerika

Dalam sidang paripurna itu juga diikuti seluruh anggota DPRD Kudus. Tak ketinggalan juga dihadiri Sekretaris Daerah  Kudus Revlisianto Subekti yang mewakili Pj Bupati Kudus yang tidak hadir, Kapolres Kudus AKBP Ronni Bonnic, Dandim 0722 Kudus Letkol Inf Hermawan Setya Budi, serta Kajari Kudus Henriyadi W Putro.

Turut menyaksikan prosesi pelantikan pimpinan DPRD Kudus, yakni para pimpinan OPD, pimpinan perusahaan, ormas hingga stakeholder yang lain di Kabupaten Kudus.

Masan Jabat Ketua DPRD Empat Kali

Empat pimpinan DPRD Kudus itu secara bersama-sama mengangkat sumpah jabatan mereka. Prosesi dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kudus, Cut Carnelia.

Masan sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kudus pada periode sebelumnya, terpilih kembali memimpin lembaga legislative untuk lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Berobsesi Jadi Kampus Islam Dunia, IAIN Kudus Kolaborasi Universitas di Amerika

BACA JUGA: Mantapkan Pilihan di Pilkada, Aisyiyah Undang Dialog Dua Paslon Cabup dan Cawabup Kudus

Selain Masan, tiga orang Wakil Ketua DPRD Kudus yang dilantik yakni Mukhasiron dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Sulistyo Utomo dari Fraksi Partai Gerindra dan Anis Hidayat dari Fraksi Partai Golkar.


Susunan pimpinan itu hampir sama dengan formasi pimpinan DPRD Kudus periode sebelumnya. Hanya saja, posisi Wakil Ketua dari Fraksi Partai Golkar berubah dari semula dijabat Hj Tri Erna Sulistyowati, kini diemban oleh H Anis Hidayat.

Sesuai UU MD3, pimpinan DPRD Kudus yang dilantik merupakan perwakilan dari parpol peraih suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Kudus 2024.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 170/214 Tahun 2024 tanggal 13 Oktober 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus Masa Jabatan Tahun 2024 – 2029.


Kategori :