Berkolaborasi, Satlantas Polres Tegal Gelar Ramp Check Bus dan Kesehatan Pengemudi

Rabu 16-10-2024,13:44 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

SLAWI,jateng.disway.id - Operasi Zebra Candi 2024 yang juga digelar Polres Tegal  sejak 14 hingga 27 Oktober 2024  mendatang tidak hanya sekedar teguran pelanggaran, namun juga pencegahan.

Salah satu upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dalam Operasi Zebra tersebut adalah ramp check kendaraan angkutan di Terminal Dukuhslam, Rabu (16/10/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Satlantas Polres Tegal, Sie Dokkes Polres Tegal dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal kepada pengemudi dan angkutan yang akan beroperasi di jalan.

KapolresTegal  AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah SH SIK MM MSi melalui Kasat Lantas AKP  Wendy Andranu SIK  mengatakan, kendaraan yang akan beroperasional melayani angkutan umum masyarakat yang memasuki Terminal Dukuhsalam dilakukan ramp chek.

BACA JUGA:Satlantas Polres Tegal Beberkan Titik Rawan Macet yang Harus Diwaspadai

BACA JUGA:Satlantas Polres Tegal dan Dinas Terkait Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

Kegiatan ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Juga memastikan bahwa semua angkutan dalam kondisi aman, nyaman dan layak beroperasi," ujarnya.

Mengenai hasil ramp check yang dilaksanakan Dishub dan SatLantas Polres Tegal dengan melakukan pemeriksaan kendaraan. Seperti pengecekan ban, rem, lampu sen, lampu, apar, kelengkapan surat-surat kendaraan dan laik jalan. "Selain mengecek kondisi kendaraan, dalam kegiatan tersebut juga memeriksa kelengkapan surat-surat, seperti SIM, STNK serta buku KIR," cetusnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan guna memastikan kendaraan dan pengemudi laik jalan. Kendaraan yang dioperasionalkan layak dari sisi administrasi maupun teknis serta kesehatan sopir. Di samping itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kesehatan dan tes urine terhadap sopir bus serta pemberian vitamin. 

BACA JUGA:Libur Panjang, Satlantas Polres Tegal Koordinasi dengan DPUPR BACA JUGA:Satlantas Polres Tegal Antisipasi Masalah saat Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Saat melakukan semua pemeriksaan tersebut, petugas juga melakukan sosialisasi kepada penumpang soal pentingnya aspek keselamatan. Serta mengimbau agar para pengemudi tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara. 

Kategori :