Satlantas Polres Tegal dan Dinas Terkait Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

Satlantas Polres Tegal dan Dinas Terkait Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

PERIKSA - Satlantas berkolaborasi dengan Dishub lakukan pengecekan bus di Terminal Dukuhsalam.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Polres Tegal bersama stakeholder terkait melaksanakan ramp check angkutan umum yang di laksanakan di Terminal Bus Dukuhsalam, Kecamatan Slawi.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andranu STK SIK menyatakan, pemeriksaan kelayakan armada bus  kali ini diikuti  pemeriksaan kesehatan para pengemudinya. Pihaknya melaksanakan pengecekan teknis, berupa ban, rem, speedometer, APAR pemadam kebakaran serta kelengkapan bus.  

BACA JUGA:4 Ciri-ciri Pinjol yang Ada DC Lapangan, Pahami Sebelum Mengajukan

“Antara lain STNK, SIM, Surat Kartu Pengawasan Angkutan Penumpang Umum, dan surat Uji Kendaraan (KIR)," ujarnya. 

Terpisah, Kanit Turjawali Satlantas Polres Tegal Ipda Chrisna Adi Winata SH menyatakan, pemeriksaan armada bus yang dilakukannya didapatkan hasil bus dalam kondisi lengkap surat  kelengkapannya dan kendaraan layak jalan. 

“Kami juga melakukan pembagian leaflet atau brosur dan stiker tertib berlalulintas dalam rangka Operasi Keselamatan Candi 2024.  Serta mengimbau pengemudi  agar selalu berhati-hati dan tertib berlalulintas pada saat membawa penumpang," cetusnya.

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Pemalang Janjikan Hak Karyawan Perusahaan Garmen akan Diproses

Kegiatan ini dilakukan guna memastikan kendaraan dan pengemudi laik jalan, kendaraan yang dioperasionalkan layak dari sisi administrasi maupun teknis serta kesehatan sopir. Ini semua pihaknya lakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum dan selama Operasi Keselamatan Candi 2024. 

“Tentunya, demi terciptanya kamseltibcar lantas di wilayah hukum Polres Tegal,” ungkapnya.

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Tekankan Pentingnya Jiwa Kepemimpinan

Pihaknya  juga mengimbau kepada pengemudi angkutan bus umum dan barang untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara. Apabila sedang sakit diimbau untuk istirahat terlebih dahulu. 

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meminimalisir fatalitas dan menurunkan angka kecelakaan. Sehingga terciptanya kamseltibcar lantas,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: