Polres Salatiga Kerahkan 60 Personil Dukung Operasi Zebra Candi 2024

Senin 14-10-2024,21:31 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Nena Rna Basri

SALATIGA.jateng.disway.id - Polres Salatiga mengerahkan 60 personilnya guna mendukung Operasi Zebra Candi 2024 selama dua pekan mulai hari ini, Senin 14 Oktober 2024 hingga Minggu 27 Oktober 2024.

Dalam kegiatan tahunan itu, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari M.Psi, M.Si, Psi, berharap bisa menurunkan jumlah pelanggaran maupun fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas.
"Syukur bisa zero laka lantas di Kota Salatiga," kata Kapolres AKBP Aryuni Novitasari usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga.

Turut hadir dalam apel bersama itu, Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, beserta pejabat Forkopimda se-Salatiga atau yang mewakili.

Kepada awak media, Kapolres menyampaikan bahwa Operasi Zebra Candi 2024 mengedepankan Giat Edukatif dan Persuasif serta Humanis.

Dalam menjalankan tugasnya, personil di lapangan didukung penegakan hukum (Gakkum) secara Elektronik baik Statis maupun Mobile.

"Serta, teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," ujarnya.

Kapolres menekankan, Operasi Zebra Candi 2024 dengan sasaran utama  penindakan pelanggaran lalu lintas. Meliputi berkendara dibawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, melampaui batas kecepatan, berkendara dibawah pengaruh alkohol, ranmor over loading dan over dimension (ODOL).

Dalam operasi itu akan lebih mengutamakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Meski demikian, Kapolres menekankan kepada jajarannya mengutamakan edukasi , pendidikan kepada masyarakat, dan juga penertiban berlalu lintas.

"Seperti halnya tujuan utama operasi Zebra Candi 2024 yakni mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas dengan melakukan upaya sosialisasi, edukasi, pendidikan kepada masyarakat, dan juga penertiban khususnya terhadap pelanggaran yang berpotensi terhadap munculnya laka lantas menyebabkan terjadinya fatalitas korban meninggal dunia (MD)," ungkap Kapolres.

Langkah pencegahan pelanggaran peraturan lalu lintas juga akan digencarkan. Kapolres berharap melalui operasi ini diharapkan masyarakat semakin sadar dan disiplin menerapkan peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Dan tak berlebihan jika ia membutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak guna mensukseskan penyelenggaraan Operasi Zebra Candi 2024, sehingga dapat berjalan lancar, aman dan membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Wujudkan tertib berlalulintas dari diri kita sendiri guna keamanan kenyamanan seluruh pengguna transportasi jalan raya dalam rangka mewujudkan Kota Salatiga yang tertib berlalulintas," imbuhnya.

Kategori :