Pj Wali Kota Salatiga: TWSS Belum Siap Digunakan Berbagai Event

Sabtu 12-10-2024,15:06 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

SALATIGA.jateng.disway.id - Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani mengatakan bahwa Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) belum siap digunakan berbagai event.

“Sehingga harus ada pengelolaan dan penataan kembali,” kata Yasip Khasani saat mengikuti kegiatan Pembersihan dan perapian sebagian lingkungan dan Alutsista serta Penanaman Bibit Pohon di TWSS, Sabtu 12 Oktober 2024.

Ada pun kegiatan itu melibatkan Paguyuban AKABRI Tiga Rawa, yakni Salatiga dan Ambarawa.

Disampaikan Yasip, melibat kondisi TWSS tahun ini akan ada Kapitalisasi khususnya di bagian lapangan. Selain itu, di tahun depan lokasi sekitar TWSS akan dibangun exit dan in Toll.
“Sehingga TWSS dapat menjadi salah satu wajah baru di Kota Salatiga,” ungkap dia.

TWSS aku dia, akan dikembangkan tidak lagi menjadi TWSS melainkan menjadi Kawasan Wisata Sejarah Salatiga KWSS. Sehingga dengan perubahan TWSS menjadi KWSS diharapkan rasa memiliki dan bangga warga Salatiga terhadap sejarah Salatiga menjadi lebih kuat.

Dengan seperti itu generasi muda juga tahu seperti apa perjalanan Sejarah Kota Salatiga  
"Mulai dari awal sampai akhir, betapa banyak pejuang dari kota salatiga yang menjadi ujung tombak di negara kita ini," lanjut Yasip.

Terkait kegiatan Pembersihan dan perapian sebagian lingkungan dan Alutsista serta Penanaman Bibit Pohon di TWSS, Yasip menandaskan bahwa agenda ini dicatat dalam agenda Wali Kota dan masuk dalam agenda Kota Salatiga sebagai bentuk partisipasi masyarakat.

Pemerintah Kota Salatiga dan TNI bersama-sama memberikan usaha yang terbaik di Kota Salatiga dan TWSS.

Ketua pelaksana, Arifin, menyampaikan kegiatan kegiatan Pembersihan dan perapian sebagian lingkungan dan Alutsista serta Penanaman Bibit Pohon di TWSS yang diselenggarakan Paguyuban AKABRI Tiga Rawa.

Ia menyampaikan keinginan dan langsung dihadapan Pj Wali Kota Salatiga, agar patung tiga pahlawan nasional yang berasal dari Salatiga dapat diletakkan kembali di tengah-tengah TWSS.

Sekadar informasi, Proyek besar Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) di Nogosaren, Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga digelontor anggaran mencapai Rp1,57 miliar yang bersumber dari APBD Kota Salatiga Tahun Anggaran 2023 dengan organisasi perangkat daerah (OPD) pengampuh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebesar Rp900 juta, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Rp500 juta dan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rp170 juta.

Kategori :