Lima Pendidikan Vokasi di Jateng Unjuk Inovasi di Trade Expo Indonesia 2024

Jumat 11-10-2024,10:12 WIB
Reporter : Arief Pramono
Editor : Laela Nurchayati

TANGERANG, diswayjateng.id - Lima satuan pendidikan vokasi di Jawa Tengah ikut menampilkan karya inovasinya dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 dan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025. Dua agenda ini merupakan pergelaran pameran perdagangan terbesar dan ekosistem fesyen muslim di Indonesia.

Sejumlah pendidikan vokasi yang ikut Trade Expo Indonesia 2024 yakni Politeknik Negeri Semarang, ATMI Surakarta, SMK PIKA Semarang, Politeknik ASTRA dan SMKN 2 Salatiga.

Trade Expo Indonesia 2024 ini juga diikuti ada juga Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya,   Politeknik Negeri Batam dan SMK Samudera Nusantara Cirebon.

Kegiatan Trade Expo Indonesia 2024 dan JMFW 2025 terselenggara di ICE BSD, Tangerang, Banten mulai tanggal 9 hingga 12 Oktober 2024. TEI 2024 dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selanjutnya Menteri Perdagangan Indonesia, Zulfikar Hasan juga membuka JMFW 2025.

BACA JUGA:Pilkada 2024 Jawa Tengah, Dua Pasangan Calon Sepakat Wujudkan Pemilu Aman dan Tertib

BACA JUGA:PDIP Komitmen Menangkan Andika-Hendi di Jawa Tengah

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Saryadi menjelaskan, ajang ini menjadi upaya menunjukkan talenta-talenta vokasi di mata dunia.

Sebab dalam Trade Expo Indonesia 2024 dan JMFW 2025, kata Saryadi, terdapat 9.000 buyer internasional. Kemudian kepesertaan pun naik sebesar 10% dibanding tahun sebelumnya, serta terdapat 1.300 industri yang bergabung.

“Menjadi bagian dalam Trade Expo Indonesia 2024 dan JMFW 2025 adalah bukti bahwa karya insan vokasi pun memiliki keunggulan. Ini merupakan produk unggulan dari program Kemendikbudristek, seperti Matching Fund dan SMK Pusat Keunggulan,” ujar Saryadi saat dihubungi diswayjateng.id.

Keterlibatan satuan pendidikan vokasi dalam TEI 2024, kata Saryadi, merupakan langkah strategis mendukung target pemerintah menjadikan Indonesia menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia di tahun 2030.

BACA JUGA:Jawa Tengah Terbitkan Pergub Pencegahan dan Penanganan TPPO

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Terima Audiensi FSPMI Provinsi Jawa Tengah

Trade Expo Indonesia 2024

Sementara itu, Direktur Penyelerasaan dan Kemitraan Dunia Usaha dan Industri (Mitras DUDI), Adi Nuryanto menyampaikan, kolaborasi bersama industri menjadi penting meningkatan kompetensi siswa maupun mahasiswa vokasi.

“Produk-produk inovasi di stan Kemendikbudristek dalam TEI 2024 merupakan hasil Link and Match dengan industri. Karya busana fesyen juga hasil kurasi dari industri sehingga mampu tampil di panggung JMFW 2025,” terang Adi.

Salah satu produk inovasi yang menarik perhatian dalam Trade Expo Indonesia 2024 ini adalah sportbike listrik dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Bermitra dengan industri, yaitu PT Cipta Raya Teknovasi, inovasi sportbike ramah lingkungan ini memiliki performa tinggi dan kecepatan maksimal.

Yang tak kalah memesona adalah produk kriya kayu dari SMK PIKA Semarang. Setelah sukses membuat kursi untuk Paus Fransiskus pada akhir September lalu, SMK ini pun kembali memamerkan hasil tangan-tangan terampil siswa-siswanya.

BACA JUGA:Lepas 1.141 Kontingen PON XXI, Pj Gubernur Jawa Tengah Targetkan 50 Emas

BACA JUGA:Duta SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Jadi Paskibra Provinsi Jawa Tengah

“Kami menerima pesanan set meja-kursi tamu yang unik, didesain elegan, dan material yang ramah lingkungan,” tutur Kepala SMK PIKA Semarang, Marsono.

Seperti diketahui, Trade Expo Indonesia 2024 dibuka Rabu 9 Oktober 2024, bertempat di ICE BSD Kabupaten Tangerang. Acara pembukaan TEI 2024 berlangsung dengan meriah, dihadiri sejumlah pejabat penting.

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia didampingi oleh Menteri Perdagangan. TEI 2024 menjadi momentum penting dalam memperkuat jaringan perdagangan dan memperkenalkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia ke kancah internasional.

Kategori :