Disdukcapil Kota Tegal Luncurkan Inovasi BerAKSI

Rabu 09-10-2024,07:39 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal terus melakukan inovasi. Setelah sebelumnya ada berbagai macam inovasi yang digunakan untuk memaksimalkan pelayanan. Saat ini, Disdukcapil terus berbebah dengan mencoba memaksimalkan inovasi melalui Berorientasi, Aktif, Sinergis dan Inovatif (BerAKSI). Hal itu disampaikan Zainal Ali Mukti saat Forum Grub Discusion (FGD) di Ruang Rapat Disdukcapil Kota Tegal.

"Inovasi itu muncul, untuk lebih memaksimalkan inovasi yang sudah berjalan dalam pelayanan Adminduk," kata Kepala Disdukcapil Kota Tegal Zainal Ali Mukti.

Inovasi BerAKSI memiliki arti  Berorientasi Aktif yaitu Disdukcapil secara proaktif menjangkau masyarakat dalal hal melakukan administrasi kependudukan, termasuk dalam memberikan sosialisasi tentang pentingnya pencatatan yang akurat dan cepat. Hal ini juga termasuk layanan jemput bola, dimana petugas mendatangi masyarakat yang kesulitan ke kantor Disdukcapil. 

BACA JUGA:Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tembus Seleksi Nasional WorldSkills ASEAN Competition

Kemudian sinergis yang merupakan kolaborasi antara berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, seperti instasi pemerintah lainya, masyarakat dan lembaga swasta. Sinergi ini bertujuan menciptakan sistem kependudukan yang terintegrasi, meminimalisir data yang tidak valid dan meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat.

Sedangkan inovatif mengadopsi teknologi yang terbaru dalam layanan kependudukan, seperti sistem pelayanan online, layanan berbasis mobile, serta penggunaan data terpusat dan terintegrasi untuk mempercepat proses pelayanan.

"Sehingga adanya inovasi tersebut, supaya inovasi yang ada dapat lebih maksimal," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mapsi Tingkat SD

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kota Tegal Muhammad Afin menyampaikan Disdukcapil Kota Tegal selalu memunculkan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga pelayanan adminduk akan lebih maksimal dan cepat. Untuk itu, inovasi BerAKSI ini akan lebih mempermudah dalam mengurus Adminduk.

"Kami mendukung inovasi yang akan dimunculkab tersebut," pungkasnya.

BACA JUGA:Satgas TMMD di Kabupaten Pemalang Berpacu dengan Waktu, Kerjakan Pengaspalan Jalan 1.105 meter

Inovasi BerAKSI tersebut sudah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya,  dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, dukungan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan. Dukungan dari BPJS Kesehata, dan dari 

KPU Kota Tegal. Nantinya akan ada lagi dukungan dari instasi, lembaga, rumah sakit dan media.

Kategori :