Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data dan Tips Menghindarinya

Senin 07-10-2024,05:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Anda juga dapat membandingkan berbagai perusahaan pinjaman online dengan membaca ulasan dari pengguna lain. Banyaknya ulasan positif dan tingginya rating aplikasi dapat menjadi indikator keamanan dalam melakukan pinjaman secara online, sehingga Anda terhindar dari pinjaman ilegal.

5. Verifikasi Aplikasi atau Situs

Pastikan bahwa situs pinjaman online yang Anda gunakan terdaftar di website OJK dan dapat diunduh melalui platform resmi seperti Google Play Store atau App Store. Aplikasi pinjaman online yang legal umumnya menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

6. Atur Privasi Akun

Selanjutnya, pastikan akun Anda memiliki pengaturan privasi yang memadai, seperti mengunci akun atau membatasi akses dari pihak lain. Selain itu, hindari mengunduh aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar secara resmi.

7. Ketahui Hak dan Kewajiban

Sebagai nasabah, penting untuk memahami hak dan kewajiban Anda sebagai nasabah pinjaman online, termasuk besaran bunga yang harus dibayar dan konsekuensi jika terjadi keterlambatan pembayaran. Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:6 Cara Mengajukan Pinjol, Apa Saja?

8. Hati-hati dalam Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online, pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Hal ini sangat berisiko jika Anda menggunakan layanan dari platform yang ilegal.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi pinjol ilegal sebar data dan tips menghindarinya yang dapat Anda terapkan. Untuk melindungi diri dari pinjaman online yang tidak resmi, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Kategori :