Kemenkumham Jateng Gelar Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024

Kamis 03-10-2024,09:06 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

UNGARAN.jateng.disway.id - 50 peserta Seleksi Pengangkatan Calon Notaris Tahun 2024 di wilayah Jawa Tengah mengikuti tahapan Computer Assisted Tes (CAT) di UPT BKN Semarang, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (02/10).


Direktur Jenderal AHU Cahyo R. Muzhar mengatakan, tahapan CAT berlangsung secara serentak di 35 titik lokasi seluruh Indonesia.

"Ada pun total calon notaris seluruh Indonesia 3.526 peserta. Dan seleksi ini sebagai upaya meningkatkan profesionalitas profesi Notaris di bawah resmi Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU)," kata Cahyo R. Muzhar yang membuka tahapan CAT secara virtual.

Dan CAT ini, ditegaskan dia, adalah salah satu tahapan yang harus ditempuh calon Notaris yang profesional dan berkualitas.

CAT ini adalah ujian kompetensi Notaris yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM ditengah pembentukan internal pada Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang membagi organisasi tersebut menjadi dua kubu.

“Uji ini dimaksudkan untuk menjaring calon notaris yang berkualitas, berintegritas, dan profesional,” ujar Cahyo melalui Zoom.

Untuk itu, lanjut dia, ia sangat berharap para peserta dapat menjaga kejujurannya karena notaris dianggap sebagai salah satu profesi yang mulia.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah yang diwakili Kepala Divisi Administrasi Anton E. Wardhana menekankan bahwa tahapan seleksi CAT ini berlangsung secara transparan dan objektif.

Ia menyebutkan, peserta diberikan kesempatan yang sama untuk berjuang, menunjukkan komitmen, serta kemampuan masing-masing.

Didampingi Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Agustinus Yosi, Anton mengimbau peserta tidak percaya pada oknum-oknum yang menjanjikan utusan maupun mengandalkan joki.

Untuk menjamin keamanan dan integritas proses seleksi, setiap peserta menjalani pemeriksaan ketat melalui teknologi 'pengenalan wajah' dan 'pemeriksaan tubuh'.

Langkah ini diambil untuk memastikan tidak ada praktik joki dalam ujian, menjaga kepercayaan publik terhadap profesi notaris yang memiliki peran sangat penting dalam sistem hukum dan juga memiliki peran krusial dalam perekonomian nasional

Sebagai informasi, ujian CAT dibagi dalam dua sesi pada hari yang sama. Sesi pertama terdiri dari soal pilihan ganda, sementara sesi kedua adalah ujian esai yang fokus pada pembuatan akta.

Kategori :