40 Pelajar Tingkat SMA di Kota Tegal Ikuti Kemah Sastra 2024

Senin 30-09-2024,19:15 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Dewan Kesenian Kota Tegal mengadakan Kemah Sastra di Kampung Seni Pantai Alam Indah (PAI) Tegal. Kegiatan tersebut diikuti 40 pelajar, perwakilan dari tingkat SMA/ SMK/ MAN. Kemah Sastra 2024 merupakan kegiatan dalam rangka untuk mengembangkan kompetensi para pelajar dalam berkarya sastra, baik membuat cerpen, puisi dan sejenisnya.

"Kemah Sastra itu dilaksanakan dalam bentuk workshop kepenulisan, baik itu puisi, cerpen ataupun sastra lainnya. Termasuk presentasi atau pembacanya yang dikemas seperti kemah," kata Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal Suriali Andi Kustomo.

BACA JUGA:2030, TPA Penujah Kabupaten Tegal Diprediksi Membludak

Pihaknya mengkonsep kegiatan tersebut, karena selain workshop juga terdapat kegiatan pengenalan alam seperti outbond, mengenali wisata pantai dan lain sebagainya. Selain untuk mengembangkan kemampuan para pelajar dalam bersastra juga untuk menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan para pelajar terhadap karya sastra.

"Tujuan inilah yang ingin disampaikan Dewan Kesenian Kota Tegal dalam berbagai event, dan nampaknya hal itu juga sangat tepat diberikan kepada para pelajar," kata Suriali Andi.

Secara full, para peserta akan mendapatkan pembelajaran mengenai sastra. Sedangkan pemateri yang dihadirkan diantaranya sastrawan dari Jakarta yakni Kurnia Effendi, sastrawan Tegal yakni Ubaidillah, dan sastrawan dari Demak dan pemateri lainnya yang akan menggembleng peserta.

BACA JUGA:Muria Jazz Festival Kudus Bius Penonton di Tengah Dinginnya Pegunungan Muria

Ditambahkan Andi, bahwa Kemah Sastra 2024 yang digelar tidak dipungut biaya alias gratis yang diharapkan akan semakin menumbuhkembangkan sastra di Kota Tegal.

Kategori :