SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Latih Siswa Mahir Menulis Kreatif

Minggu 29-09-2024,21:45 WIB
Reporter : Rochman Gunawan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG .ID, SLAWI – Sedikitnya 50 siswa SMP Negeri 1 Balapulang mengikuti pelatihan jurnalistik. Selain belajar teori jurnalistik, para siswa juga langsung praktik menulis secara singkat.

Kepala SMP Negeri 1 Balapulang Nuridin saat membuka kegiatan menyampaikan, pelatihan jurnalistik ini untuk mengasah keterampilan dan kreativitas siswa dalam menulis di era digital.

Kemudahan teknologi informasi dengan adanya berbagai platform media sosial memberikan kesempatan siswa untuk produktif dalam berkarya terutama tulis menulis, karya foto dan video. "Apalagi dalam berbagai event SMP Negeri 1 Balapulang, alhamdulillah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan,” kata Nuridin.

BACA JUGA:PMI Batang Sabet 7 Penghargaan di Kemah Bhakti Sibat Nasional

Nuridin mengatakan, puluhan siswa baik perorangan maupun kelompok telah meraih berbagai kejuaraan. ”Siswa yang berprestasi fotonya kami pajang di lingkungan sekolah agar menginspirasi siswa yang lain untuk meraih juara,” ujarnya.

Selain jurnalistik, lanjut Nuridin, para siswa juga kini merintis studio radio pelajar sebagai ajang penyaluran bakat siswa di bidang kepenyiaran atau news anchor. 

BACA JUGA:Rambo Blusukan ke Salatiga, Ladenin Selfie Warga Sampaikan Program Permudah Akses Kredit UMKM

Dalam pelatihan jurnalistik tersebut, SMPN 1 Balapulang menghadirkan pemateri Dwi Ariadi dari Ayotegal.com dan M Fatkhurohman dari Pemimpin Redaksi Radar Tegal.

Para peserta pelatihan jurnalistik dilatih menulis berita di media online, mulai dari cara penggalian ide atau bahan berita, bahasa jurnalistik hingga manajemen keredaksian.

Selama mengikuti pelatihan, Rafa, salah seorang siswa mengaku sangat senang bisa mengikuti pelatihan jurnalistik. Menurut Rafa, dirinya bisa mengerti apa itu jurnalistik dan bisa berpraktik langsung menulis berita-berita kegiatan sekolah untuk ditayangkan di website sekolah.

Kategori :