SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Adakan Pemilihan Ketua OSIS

Minggu 29-09-2024,20:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Ada hal yang berbeda di SMK Negeri 2 Adiwerna, Kabupaten Tegal. Tepatnya adalah hari yang spesial karena diselenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos)  masa bakti 2024/2025. 

Kepala SMK Negeri 2 Adiwerna  Joko Pramono SPd MDs menyatakan,  sebelum pemilihan ketua dan wakil ketus OSIS. Terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan P5 yang dimuali sejak 23 sampai 26 September 2024. Pilketos di SMK Negeri 2 Adiwerna  diselenggarakan satu tahun sekali. 

BACA JUGA:Memperkenalkan Budaya Ngopi, KAI Berikan 1.000 Cup Kopi Gratis

Merupakan pembelajaran praktik berdemokrasi di tingkat sekolah menengah dengan penyelenggara oleh peserta didik. “Diharapkan bisa memberikan bekal pengalaman yang berguna dimasa mendatang dalam menghadapi proses demokrasi yang lebih luas," ujarnya. 

Ditegaskan, dalam kegiatan ini peserta didik diperkenalkan tata cara dan tahapan yang ideal dalam pelaksanaan Pilketos sebagai bagian dari proses demokrasi. Tahun ini kegiatan  dikolaborasikan dengan penguatan projek pelajar Pancasila, karena SMK Negeri  2 Adiwerna secara resmi menerapkan Kurikulum Merdeka.

BACA JUGA:Launching Vidio Clip dan Single Berjudul Percayalah, Satria Abdi : Semoga Masyarakat Suka

Pilketos yang dilaksanakan secara demokratis memberikan ruang kepada peserta didik. Untuk menumbuhkan sikap demokratis dan bertanggungjawab dengan menerapkan asas demokratis yang Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber.) Dalam menyampaikan aspirasi dan pilihan hati nurani terhadap kandidat pasangan calon ketua OSIS.

Dari 3 pasangan calon yang ada,  yang terpilih menjadi ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS adalah paslon 1 yakni M Afta Nil'Ula (kelas XI DKV-1) dan Siti Ghoziah (XI KKKR-1). Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penyelenggaraan Pilketos ini, dimana terjalin kerja sama yang baik dari semua stakeholder sekolah.

BACA JUGA:Menjadi Pelaksana ‘Expo Sesarengan Ngawasi’, Kota Salatiga Gelar Parade Drumblek

Baik dari kepala sekolah, kesiswaan, unsur guru, staf TU maupun peserta didik. “Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, menyelesaikan tahapan pemilihan ini,” ungkapnya. 

Kategori :