Bagaimana Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data? Terapkan 3 Hal Penting Ini

Jumat 27-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data. Masyarakat disarankan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai informasi terkait suku bunga, jangka waktu dan status legalitas dari pinjaman online tersebut. 

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data merupakan cara yang paling tepat ketika sudah terlanjur terjebak pada pinjol alias pinjaman online ilegal. Sebab pinjaman online ilegal mempunyai risiko dan bahaya terutama jika nasabah mengalami galbay alias gagal bayar. 

Karena itu, mau bagaimana pun pinjaman online atau pinjol ilegal memang harus dihindari sebab akan menimbulkan berbagai kerugian yang lebih besar dibanding dengan keuntungannya. Agar tidak terjebak ke dalamnya, di bawah ini ada beberapa cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang bisa kalian lakukan. 

Banyak belakangan ini pinjaman online atau pinjol ilegal yang menyebarkan dan penyalahgunakan data pribadi nasabah mereka ke jaringan pinjaman online lainnya. Hal ini sangat merugikan bagi kalian sendiri sebagai nasabah. Maka dari itu, perlu mengetahui cara mengatasi pinjol ilegal sebar data agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

BACA JUGA:Segera Amankan Data Diri Anda, Begini 7 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Dijamin Ampuh

Ada banyak pinjaman online ilegal bertebaran di sekitar masyarakat. Sayangnya masih ada banyak orang yang mau saja melakukan pinjaman online di aplikasi ilegal ini. 

Namun kalian perlu tahu, ada banyak risiko dan bahaya karena menggunakan pinjaman online ilegal ini. Misalnya seperti mendapatkan pengancaman atau yang paling ditakuti pengguna yaitu sebar data pribadi. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna terlanjur memilik penunggakan atau gagal bayar (galbay) pinjaman online.

Meski diketahui oleh semua orang bahwa sebar data ini ilegal dan melanggar hukum, tetap saja itu merupakan salah satu konsekuensi jika melakukan pinjaman di pinjol ilegal. Nah, sebar data ini memang sulit dihindari karena pihak aplikasi memiliki data debitur secara lengkap. 

Umumnya sebar data ini dilakukan oleh pinjaman online kepada kontak atau kepada pihak ketiga yang menawarkan peminjaman dan lainnya. Melansir YouTube NOVA, begini cara mengatasinya. 

BACA JUGA:Data Pribadi Kamu Disebar Pinjol Ilegal? Lakukan 6 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal yang Sebar Data Berikut ini

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Secara Efektif 

1. Buat Kesepakatan

Biasanya pinjaman online ilegal memiliki kontak yang bisa dihubungi. Jika ingin terbebas dari sebar data, buatlah kesepakatan dengan pihak aplikasi. 

Kalian bisa minta negosiasi terkait dengan mungkin apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, atau mungkin kalian bisa meminta keringanan tanggal pembayaran dan lainnya. 

2. Lunasi Utang

Kategori :