Jalani Cek Urine, Kapolres Salatiga Turut Diperiksa Propam Polda Jateng

Rabu 11-09-2024,19:15 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SALATIGA - Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, tidak luput dari pemeriksaan cek urin oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam)
Polda Jateng.

Pemeriksaan orang nomor satu di Polres Salatiga itu berlangsung saat Propam bersama Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Jateng itu sidak ke Polres Salatiga.

Kapolres Salatiga justru berterimakasih kepada Bidpropam dan Biddokkes Polda Jateng yang menggelar Gaktibplin dan Cek Urin di Polres Salatiga.

"Kegiatan ini guna mendukung  tugas pokok Polri  sebagai pelindung, pengayom dan pelayan bagi masyarakat," kata AKBP Aryuni Novitasari usai kegiatan, Rabu 11 September 2024.

BACA JUGA:Museum Ranggawarsito Terima Hibah 75 Figur Batu dari Blitar

Sebagai pelayan, ia beranggapan tentunya harus selalu bisa memberikan yang terbaik kepada yang dilayani.

Menurut dia, kuncinya adalah tertib dan disiplin, serta bersih dari permasalah hukum khususnya Narkoba.

Sementara, rombongan Propam Polda Jateng dipimpin AKP Arif Fachrudin memeriksa seluruh Pejabat Utama Polres Salatiga.

BACA JUGA:Dandim Demak Tegaskan Jalani Gaya Hidup Sehat

"Untuk sasaran Gaktibplin dimulai dari pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan diri Anggota Polres Salatiga, seperti Identitas berupa KTP, SIM STNK dan tanda Anggota serta Surat Ijin Pegang Senpi," kata AKP Arif Fachrudin.

Didampingi Biddokkes dipimpin IPTU Aan Dwi Cahyo, kedatangan Propam Polda ke Polres Salatiga juga melakukan cek urin kepada sejumlah anggota Polres Salatiga.

Ia menambahkan, Gaktibplin dalam meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan anggota guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya menjelang pesta demokrasi Pilkada 2024.

BACA JUGA:Menghangat, Isu Bupati Impor di Pilkada Batang 2024 Ditanggapi Pengamat Politik

Dengan Gaktibplin ini, sekaligus memastikan seluruh Personil Polri di Polres Salatiga terbiasa sikap tertib dan disiplin.
"Sehingga bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat," jelas AKP Arif Fachrudin.

Dari hasil pemeriksaan indi Polres Salatiga, AKP Arif menyebutkan ada beberapa anggota dinilai kurang disiplin, seperti masih ada rambut yang tidak sesuai aturan, jambang yang kurang bersih serta ada SIM yang kadaluwarsa.

Ia mengingatkan, untuk anggota yang kena tegur agar segera menyesuaikan diri, dan anggota yang jambangnya kurang rapi langsung dilakukan cukur ditempat dengan alat yang dibawa petugas Bidpropam.

Selain itu, terdapat delapan personil Polres Salatiga dilakukan pembinaan dengan melaksanakan push up.

BACA JUGA:Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR, Kuatkan Pancasila di Hamburg

"Ini bukan hukuman tapi hanya sekedar mengingatkan untuk tertib dan disiplin, itulah kepribadian dan jati diri sebagai Anggota Polri", tutup AKP Arif Fachrudin.

Setelah pelaksanaan Gaktibplin dilanjutkan dengan pemeriksaan Urin oleh Biddokkes Polda Jateng, kegiatan ini bertujuan sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini adanya Anggota Polri yang menyalah gunakan Narkoba.

Hasilnya, seluruh personil yang  diperiksa secara acak tidak ada indikasi mengarah penyalahgunaan narkoba, semua bersih.

Kategori :