Fungsi RAM di Hp Android dan Cara Meningkatkan Performanya

Rabu 11-09-2024,18:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Fungsi RAM pada HP juga berperan penting dalam meningkatkan spesifikasi perangkat. RAM yang lebih besar akan berkontribusi pada nilai jual yang lebih tinggi, karena berkaitan langsung dengan performa HP dalam menjalankan berbagai aplikasi.

BACA JUGA:7 Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI, Bisa Dilakukan Meski HP Mati

Cara Meningkatkan Kinerja RAM  

Secara umum, RAM pada perangkat Android tidak dapat dimodifikasi karena sudah terintegrasi dalam sirkuit. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kinerja RAM. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan  

Banyaknya aplikasi yang terinstal dapat menguras kapasitas RAM. Anda dapat menghapus atau menutup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang digunakan. Jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus atau masih diperlukan, Anda bisa menutupnya agar tidak berjalan di latar belakang.

Langkah ini dapat dilakukan melalui Pengaturan > Aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang dimaksud. Di bagian Memori, Anda dapat melihat penggunaan RAM dalam 3 jam terakhir. Pilih opsi force stop untuk menghentikan aplikasi agar tidak mengonsumsi RAM.

2. Nonaktifkan aplikasi bawaan  

Pada perangkat Android yang tidak di-root, terdapat aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus. Aplikasi-aplikasi ini sering kali tidak berguna namun tetap memakan kapasitas RAM.

Meskipun tidak dapat dihapus, Anda masih bisa menonaktifkannya agar tidak mengonsumsi RAM. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih menu aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Setelah itu, pilih opsi nonaktifkan aplikasi.

3. Smart Booster  

Unduh aplikasi Smart Booster dari Play Store. Setelah terinstal, Anda dapat melepaskan RAM dengan menekan ikon roket di sudut kanan bawah layar. Setelah itu, Anda dapat mulai membersihkan RAM.  

Klik pengaturan dan pilih opsi RAM Boost. Anda akan melihat pilihan level boost mulai dari Gentle, Medium, Strong, hingga Aggresive. Pilih level Aggresive untuk membersihkan RAM secara maksimal.  

Pembersihan ini biasanya dilakukan saat layar ponsel menyala. Anda juga dapat melakukan pembersihan saat layar mati atau tidak digunakan. Caranya adalah dengan mencentang opsi Boost when screen off dan mengubah opsi Delay to boost when screen off menjadi Immediately.  

Anda juga dapat mengaktifkan pembersihan otomatis dengan mencentang opsi Boost automatically dan mengatur RAM threshold (MD) menjadi 100MD serta mengatur Boost interval sesuai dengan waktu pembersihan yang diinginkan.

BACA JUGA:5 Daftar HP Android dengan Kamera Stabilizer, Harganya Cuma 2 Jutaan

Kategori :