6 Tips Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

Sabtu 07-09-2024,12:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips mengatasi pinjol ilegal sebar data merupakan cara yang paling tepat ketika sudah terlanjur terjerat pada pinjol yang ilegal. Sebab pinjol ilegal memiliki risiko dan bahaya terutama jika nasabah mengalami galbay. 

Banyak belakangan ini pinjol ilegal yang menyebarkan dan penyalahgunakan data pribadi nasabah mereka ke jaringan pinjaman online lainnya. Hal ini sangat merugikan bagi kalian sebagai nasabah. Untuk itu, perlu ketahui tips mengatasi pinjol ilegal sebar data. 

Karena itu, mau bagaimana pun pinjol ilegal memang harus dihindari karena akan menimbulkan kerugian yang lebih besar dibanding dengan keuntungannya. Supaya kalian tidak terjerat ke dalamnya, di bawah ini ada beberapa tips mengatasi pinjol ilegal sebar data yang bisa kalian terapkan. 

Lalu, bagaimana tips mengatasi pinjol ilegal sebar data? Merangkum dari video TikTok Wellem Mintarja dan beberapa sumber lainnya, berikut tipsnya yang bisa dicoba dengan segera. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi, Blokir Nomor Gak cukup!

Tips Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data 

1. Buat Kesepakatan

Jika kita tidak mau data disebar, buat kesepakatan dengan pihak pinjol ilegal. Buat kesepakatan terkait cara penagihan yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Kita juga bisa minta keringanan secara baik-baik. Jika sudah deal, jangan lupa buat surat perjanjian agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

2. Lapor ke Pihak Berwajib

Tips mengatasi pinjol ilegal sebar data selanjutnya yaitu bisa langsung melaporkannya ke pihak berwajib. Sebab, menyebarkan data nasabah termasuk pelanggaran. Apalagi status pinjol mereka adalah ilegal yang sudah pasti menyalahi aturan yang berlaku.

BACA JUGA:6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

3. Lunasi Utang

Tips paling ampuh mengatasi pinjol ilegal sebar data berikutnya yaitu dengan melunasi utang yang ada. Namun, tentu saja kita harus menyiapkan uang sejumlah pinjaman plus bunganya. Sebab pinjol ilegal biasanya akan tetap sebar data jika kita hanya melunasi utang pokoknya saja. 

4. Lapor Konten ke Kominfo

Kategori :