Cara Efektif Hindari Skor Kredit Buruk di SLIK OJK

Rabu 04-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Kalian mungkin sering mendengar nasihat keuangan yang mengatakan bahwa maksimal cicilan yang aman yaitu 30% dari pemasukan. Nilai 30% yaitu besaran rasio utang berbanding pemasukan.

Ketika cicilan kalian melebihi 30% dari pemasukan, maka kalian akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, hingga berinvestasi. Patut diketahui bahwa nilai 30% itu sendiri yaitu nilai dari "seluruh tagihan utang."

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk untuk Pengajuan KPR

Misalkan, kalian memiliki cicilan KPR yang setara dengan 20% pendapatan, dan kalian berniat mengambil kredit mobil baru. Kalian harus pastikan bahwa cicilan mobil baru kalian tidak melebihi 10% dari penghasilan.

3. Rasio Utang Berbanding Aset

Mungkin saja, cicilan utang kalian masih dalam batas wajar, tapi tidak dengan total utang kalian. Untuk mengetahui apakah utang kita terlampau besar atau tidak, kalian dapat menggunakan rasio utang berbanding aset. Nilai rasio ini akan mengukur besaran utang yang belum terbayar, dibandingkan dengan total aset yang dimiliki.

Itulah beberapa informasi seputar cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK yang dapat kalian coba dan lakukan dengan tepat. Semoga bermanfaat. 

Kategori :