Risiko Gagal Bayar Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya

Sabtu 31-08-2024,12:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda tidak dapat membayar pinjol ilegal? Berikut ini adalah beberapa resiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya.

Resiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya. Pinjol merupakan singkatan dari pinjaman online. Untuk dapat menjalankan layanan pinjol, seseorang harus mendaftarkan usahanya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Resiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya. Apabila pinjol tersebut tidak terdaftar di OJK, maka dapat dikategorikan sebagai pinjol ilegal. Dengan demikian, pinjol ilegal adalah praktik peminjaman uang secara daring yang tidak memiliki izin resmi dari OJK.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda terjebak dalam pinjol ilegal dan tidak mampu membayarnya? Berikut adalah beberapa Resiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya. Namun, sebelum itu, penting untuk memahami beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi jika tidak dapat membayar pinjol ilegal. 

BACA JUGA:4 Pinjol Ilegal Tanpa KTP

Berikut adalah beberapa resiko yang mungkin timbul jika Anda tidak dapat membayar pinjol ilegal, berdasarkan informasi dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI):

1. Terkena intimidasi dari penagih utang

 

Jika Anda pernah mengalami situasi tidak membayar pinjol legal, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa penagihan utang pinjol legal diawasi oleh AFPI.

Namun, bagaimana jika Anda gagal bayar pada pinjol ilegal? Dalam kasus gagal bayar, penagih utang akan melakukan penagihan dengan cara yang lebih agresif, sering kali disertai dengan ancaman. Penagihan semacam ini terjadi karena mereka tidak berada di bawah pengawasan AFPI.

2. Risiko Penyebaran Data Pribadi

Selain menghadapi teror yang sangat agresif dari debt collector, risiko gagal bayar pada pinjol ilegal adalah kemungkinan penyalahgunaan data pribadi Anda.

Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih layanan pinjol. Pinjol ilegal sering kali meminta informasi pribadi secara berlebihan, yang dapat disalahgunakan.

 

Pinjol yang legal dan terdaftar di OJK wajib mematuhi regulasi yang ada, dan OJK hanya memberikan izin untuk akses kamera, mikrofon, dan lokasi.

Kategori :