Risiko Gagal Bayar Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya

Sabtu 31-08-2024,12:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

4. Negosiasi untuk Mengurangi Bunga dan Denda  

Cobalah untuk bernegosiasi dengan pinjol ilegal secara baik-baik untuk menurunkan jumlah bunga dan denda yang dikenakan.

5. Blokir Nomor Kontak yang Mengirim Teror  

Debt collector dari pinjol ilegal sering kali melakukan penagihan dengan cara meneror. Oleh karena itu, penting untuk memblokir semua nomor kontak yang telah mengirimkan ancaman kepada Anda, terutama terkait penagihan utang.

6. Buatlah perjanjian dengan pinjaman online ilegal

Anda dapat menyusun sebuah surat perjanjian yang mencakup komitmen untuk melunasi utang dalam jangka waktu tertentu. Alternatif lainnya adalah mengajukan solusi kepada pinjaman online ilegal yang dapat memberikan keringanan terhadap utang Anda.

7. Informasikan kepada semua kontak untuk mengabaikan pesan penagihan pinjol

Pinjaman online ilegal tidak hanya akan mengganggu Anda, tetapi juga akan menghubungi semua nomor yang ada di ponsel Anda. Oleh karena itu, penting untuk memberi tahu semua kontak di ponsel Anda agar tidak memperhatikan pesan terkait pinjaman online tersebut.

8. Hindari praktik berhutang untuk menutupi utang

Salah satu cara untuk mengatasi masalah pinjaman online ilegal adalah dengan tidak terjebak dalam siklus berhutang untuk menutupi utang yang ada. Sebaiknya, carilah solusi lain yang lebih aman dan efektif daripada menambah masalah dengan utang baru.

BACA JUGA:Benarkah Lebih dari 90 Hari Utang Pinjol Tidak Ditagih Lagi? Ini Penjelasan

Itulah beberapa resiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya. Sebelum memilih pinjol sebaiknya mengecek apakah pinjaman tersebut sudah resmi dan terdaftar di OJK agar keamanan pribadi Anda terjaga. Semoga bermanfaat.

Kategori :