Terlanjur Galbay Pinjol Ilegal? Berikut Tips agar Aman

Senin 26-08-2024,08:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:5 Alternatif Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan dan SLIK OJK Terbaru

3. Segera Hapus Aplikasi Pinjol

Penting untuk segera menghapus aplikasi pinjol ilegal yang telah digunakan. Langkah ini akan membantu terhindar dari jeratan pinjol ilegal di masa mendatang. Selain itu, ini juga dapat mencegah kedatangan debt collector pinjol ke rumah dan mengganggu kehidupan pribadi.

4. Hentikan Pemblokiran Kontak Penagih 

Saran ini sering kali diabaikan oleh pengguna pinjaman online ilegal. Namun, pihak penagih utang (DC) memiliki berbagai cara untuk tetap menghubungi Anda agar dapat melunasi tagihan yang telah jatuh tempo.  

Selain menelepon menggunakan nomor baru, DC juga dapat menghubungi Anda melalui media sosial.  Bahkan, mereka bisa saja menghubungi Anda melalui perantara seperti anggota keluarga atau teman dekat.  

Oleh karena itu, sebaiknya jangan memblokir dan usahakan untuk merespons jika DC terus menghubungi Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuka pengaturan di ponsel dan mencabut izin akses kontak dari pinjaman online ilegal tersebut.

5. Jangan Ragu untuk Melaporkan

Terakhir, disarankan untuk melaporkan pihak debt collector pinjol ilegal kepada instansi yang berwenang. Seperti OJK, kepolisian, Kominfo, AFPI, dan lembaga terkait lainnya.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Menumpuk

Itulah artikel mengenai bagaimana jika terlanjur galbay di pinjol ilegal? berikut adalah tipsnya. Dengan tips diatas bisa membantu Anda disaat sedang galbay pinjol ilegal. Semoga bermanfaat.

Kategori :