Cara Menghindari dan Mengatasi Jebakan Pinjol Ilegal

Rabu 21-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Pinjaman online (pinjol) ilegal masih banyak beredar saat ini. OJK melaporkan bahwa ribuan pinjol ilegal telah berhasil ditindak hingga akhir Maret 2024. Simak cara menghindari dan mengatasi jebakan pinjol illegal terbaru.

Pinjol menawarkan kemudahan bagi nasabah dalam mengakses pinjaman. Namun, banyak orang yang terdesak oleh kebutuhan mendesak dan kurangnya pengetahuan, sehingga terjebak dalam pinjol ilegal. Akibatnya, mereka mengalami berbagai kerugian. Oleh karena itu, ketahui cara menghindari dan mengatasi jebakan pinjol illegal terbaru.

Lantas, bagaimana cara menghindari dan mengatasi jebakan pinjol illegal terbaru.? Berikut adalah langkah-langkah untuk berhenti dan lepas dari pinjol ilegal agar Anda dapat menyelesaikan masalah keuangan dengan cepat.

OJK memberikan lima langkah untuk berhenti dan lepas dari jebakan pinjol ilegal, mari simak ulasan cara menghindari dan mengatasi jebakan pinjol ilegal terbaru dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Cara Menghapus Data KTP di Pinjol Tanpa Mengganti Kartu SIM

Berikut ini cara menghindari dan mengatasi jebakan Pinjol Ilegal:

1. Segera lunasi utang

Usahakan untuk segera menyelesaikan utang agar tidak semakin menumpuk. Hindari meminjam lagi untuk menutupi utang yang ada, karena ini hanya akan memperburuk keadaan.

2. Jangan mencari pinjaman baru untuk membayar utang yang lama

Hindari mencari pinjaman baru untuk melunasi utang yang sudah ada. Ini hanya akan membuat Anda terjebak dalam siklus utang yang lebih dalam.

3. Gunakan dana pribadi atau jual aset untuk melunasi utang

Jika memungkinkan, gunakan dana pribadi untuk menyelesaikan utang. Jika tidak ada dana, pertimbangkan untuk menggadai atau menjual aset yang Anda miliki.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol Cepat Disetujui

4. Hubungi penyedia layanan pinjaman online

Usahakan untuk berkomunikasi dengan perusahaan pinjaman online dan bicarakan kemungkinan restrukturisasi utang atau penjadwalan ulang pembayaran. 

Kategori :