HUT Pramuka ke-63, Kwarcab Kota Tegal Tasyakuran

Jumat 16-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal menggelar tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Pramuka yang berlangsung di Pendspoma Kelurahan Keturen, Kota Tegal. Acara diawali dengan Upacara Ulang Janji Pramuka di Lapangan Keturen Kota Tegal. Bertindak sebagai pembina upacara, Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono.

Ketua Kwarcab Kota Tegal Muhamad Jumadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tasyakuran merupakan momentum yang luar biasa bagi Kwarcab Kota Tegal. Karena dengan kesederhanaan, bisa berkumpul dan bersilaturahim bersama dalam rangka memperingati rangkaian HUT Pramuka.

BACA JUGA:35 Pendonor Darah dari Kota Tegal Terima Penghargaan

“Tentu saja tadi kita sama-sama secara hikmat memperingati hari ulang tahun Pramuka di dalam upacara yang penuh dengan hikmat dan hikmah. Kenapa? Kita bisa merenung bersama dalam suasana yang tenang, damai, bersama-sama untuk memberikan rasa yang luar biasa dari hati ke hati sebagai Pramuka,” ujar Jumadi.

Dalam kesempatan tersebut Jumadi mengucapkan selamat ulang tahun untuk Pramuka yang ke-63. Dia berharap khususnya kepada Kwarcab Kota Tegal dan pada umumnya kepada Pramuka agar semakin maju dan jaya.

BACA JUGA:HUT ke-63 Pramuka, 6 Orang Kota Tegal Dapat Penghargaan Lencana Pancawarsa

Sementara itu, Sekda Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa usia 63 tahun adalah usia yang cukup matang dan dewasa untuk bisa menginspirasi seluruh generasi muda, bahwa Pramuka menjadi salah satu cikal bakal generasi penerus bangsa. 

“Melalui Pramuka salah satu di antaranya, menjadi tempat bagaimana kader muda kita bisa menjadi andalan bagi bangsa Indonesia,” ujar Agus Dwi.

Agus Dwi berharap pada rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-63 dapat menjadi momentum bahwa gerakan Pramuka Indonesia akan selalu solid apapun situasinya, warna benderanya, asal pilihannya, maupun suku agamanya.

BACA JUGA:Sebabkan Gangguan Mental, Dr Tafakurrozak Kecam Tindakan Perundungan

“Maka di Pramuka semuanya lebur menjadi satu, bahwa kita adalah satu pandu, kita satu Pramuka di mana merah putih pemersatu bagi kita semua,” ujar Agus Dwi.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan Pembina Pramuka dan Narakarya Dasar yang ditandai dengan penyerahan Surat Hak Bina (SHB) dan Surat Keterangan Narakarya Dasar oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal didampingi Sekda Kota Tegal dan Wakil Wali Kota Tegal periode 2004-2009 Maufur.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Forkopimda Kota Tegal, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Dwi Karyanti, serta Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Kategori :