Pengamanan TPS Pilkada di Kabupaten Tegal Diharapkan dari Satlinmas Inti Desa

Kamis 15-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Para petugas ketertiban atau pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tegal, diharapkan agar dari anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) inti yang ada di desa masing-masing. 

Pernyataan itu dilontarkan Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi saat mengisi pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas di Kecamatan Pagerbarang.

Pelatihan dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2024 ini, merupakan putaran ke sebelas setelah sebelumnya dilakukan di kecamatan lainnya.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Randudongkal Kabupaten Pemalang Keluhkan Kondisi yang Sepi

Sejauh ini, Supriyadi mengaku sudah berkomunikasi dengan KPU selaku penyelenggara Pilkada, agar petugas ketertiban TPS diprioritaskan dari anggota Satlinmas inti yang ada di desa.

"Sudah kami sampaikan, semoga bisa direalisasi oleh KPU," kata Supriyadi yang akrab disapa Andi.

Dia menjelaskan, pelatihan peningkatan kapasitas ini tujuannya untuk menyiapkan dan membekali Satlinmas dalam Pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024. 

BACA JUGA:KPU Kabupaten Pemalang Sosialisasi Pemantau Pilkada Serentak

"Pelatihan ini sangat penting untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan pengamanan Satlinmas," ujarnya.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tegal Suspriyanti mengatakan, Satlinmas memiliki peran penting dalam suksesnya Pilkada serentak tahun 2024. 

"Yakni menjaga keamanan dan ketertiban di TPS. Mulai dari proses pemungutan suara, perhitungan suara, hingga rekapitulasi suara," kata Suspri, saat membuka pelatihan tersebut.

Camat Pagerbarang Priharyono menyambut baik digelarnya kegiatan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas oleh Pemkab Tegal melalui Satpol PP. 

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang segera Luncurkan Program Layanan Posyandu

Disebutkan, dari 13 desa di Kecamatan Pagerbarang, baru beberapa yang melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas Satlinmas. 

Diharapkan, pelatihan ini bisa bermanfaat untuk pengamanan Pilkada serentak 2024.

Kategori :