Cegah Penyakit Tidak Menular, IBN Tegal Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan Lakukan Cek Kesehatan

Selasa 13-08-2024,15:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal mengadakan cek kesehatan gratis.

Kegiatan dalam rangka Gerakan Cek Kesehatan Penyakit Tidak Menular (Gercep) ini dipusatkan di Kampus IBN Tegal.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit tidak menular.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Kawal 10 LKSA Penerima SOSH 2024

Rektor IBN Tegal Dr H Saepudin MA mengaku sangat mendukung acara tersebut karena banyak manfaatnya bagi masyarakat.

"Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara ini dan berharap dapat memberikan layanan yang bermanfaat kepada masyarakat kami," kata Saepudin.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor 3 IBN Tegal Dr Zaki Mubarok MSI. Menurutnya, acara Gercep ini sangat berpotensi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Kami berharap dapat memberikan layanan yang bermanfaat kepada masyarakat kami," ucapnya.

BACA JUGA:Sukseskan GABS, Dinkes Datangi SMA Negeri 2 Slawi Lakukan Cek Kesehatan

Pemeriksaan atau cek kesehatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang. Mereka adalah dosen, karyawan, dan mahasiswa IBN Tegal. Pemeriksaan ini meliputi tes tekanan, tes gula darah, pemeriksaan gangguan mata, pemeriksaan gangguan pendengaran, deteksi dini paru, deteksi kesehatan jiwa dan deteksi stroke.

Para peserta ini tidak hanya diperiksa, tapi juga mendapat nasihat kesehatan dari tim Dinkes Kabupaten Tegal. Mereka juga mendapat saran tentang cara menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit tidak menular.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Adakan Posyandu Gratis

Acara ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar oleh IBN Tegal untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita memang sudah bekerjasama dengan Dinkes selama beberapa tahun untuk mengadakan berbagai acara dan program kesehatan, termasuk lokakarya dan seminar tentang kesehatan dan kebugaran," kata Zaki.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Ruszaeni membenarkan jika cek kesehatan ini sangat bermanfaat.

Kategori :