Keren! 2 Pendonor dari Kabupaten Pemalang Raih Penghargaan dari Presiden

Sabtu 10-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - 2 warga asal Kabupaten Pemalang mendapat penghargaan dari Presiden RI berupa Satyalancana Kebaktian Sosial. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Hotel Sahid Jakarta. 

Mereka menerima penghargaan itu, karena  telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali. Kedua warga itu adalah Ronius yang sudah donor darah sebanyak 111 kali dari Desa Jebed, Kecamatan Taman dan  Endro sudah donor darah sebanyak 116 kali dari Desa Temuireng, Kecamatan Petarukan Petarukan. Penghargaan presiden yang mereka terima menjadikan momen yang mengharukan dan sebagai tonggak sejarah atas keberhasilannya tersebut.

BACA JUGA:Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Tegal Diminta Lakukan ILTB dengan Tes Mantoux

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, donor darah secara sukarela merupakan pahlawan kemanusiaan, sebab dengan sukarelawan  dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Menurutnya, setiap negara hendaknya menyadari pentinya pemenuhan kebutuhan darah secara terus menerus bagi setiap warga negara. Terkait pemberian tanda jasa ini, kata dia telah tertuang dalam Keppers Nomor 128 Tahun 2019 dan Nomor 35 Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial. 

BACA JUGA:Gembleng Kesamaptaan Satgas Penanggulangan Bencana

Di tempat terpisah, Ketua PMI Pemalang Ahmad Patah  menyampaikan ucapan selamat kepada dua warga itu, karena sebagai pahlawan kemanusiaan asal Pemalang yang menerima penghargaan SatyaLancana kebaktian Sosial.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan atas dedikasinya, selama bertahun-tahun mendonorkan darahnya dengan ikhlas untuk menolong sesama. Hal ini merupakan pahlawan kemanusiaan yang sangat menginspirasi untuk masyarakat,"katanya.

BACA JUGA:Dinas Perkim Berupaya Selesaikan 1.000 Sertifikat Aset Milik Pemkab Tegal

Akhmad Patah berharap momen tersebut dapat memberikan inspirasi untuk masyarakat Kabupaten Pemalang. Sehingga nantinya dapat menumbuhkan rasa semangat untuk menjadi pahlawan-pahlawan kemanusiaan selanjutnya.

"Sejumlah perwakilan yang kami kirim ke Jakarta  untuk menerima penghargaan dari Presiden,  adalah upaya kami selaku PMI untuk memberikan apresiasi kepada para pendonor. Yaitu di mulai dari penghargaan 10 kali, 25 kali, 50 dan 75 kali serta terakhir 100 kali,"tandasnya.

Kategori :