Siswa SDIT Usamah Kota Tegal Dilatih PBB Anggota TNI

Kamis 01-08-2024,09:15 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)  Usamah Kota Tegal menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada awal Tahun Ajaran baru 2024-2025. MPLS dibuka dengan opening ceremony di lapangan sekolah.

"Pembukaan dimeriahkan dengan tampilan sulap dan pelepasan burung. Dilanjutkan dengan games kekompakan dan keakraban," kata Pj MPLS Atika Nur Azizah.

BACA JUGA:Pelatihan Astra Basic Manajemen Program dan Komputer

Di hari kedua pelaksanaan MPLS, untuk kelas II dan III sekolah mengadakan kegiatan dongeng bertema ‘Motivasi Alquran’ bersama Kak Tedi Kartino dari Kampung Dongeng Tegal’. Untuk Siswa kelas IV, V, VI diadakan seminar motivasi Alquran oleh Kak Izzul Fadhil Ihsani Humas Pemkot Tegal. Dilanjutkan dengan sosialisasi tentang adab yang baik terhadap guru, orang tua dan teman. 

Di hari terakhir MPLS, sekolah mengadakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersama personel TNI. Mengenakan seragam pramuka lengkap, siswa-siswi kelas II dan III berkumpul di lapangan sekolah untuk berlatih berbagai gerakan baris berbaris. Sedangkan siswa siswi kelas IV-VI berkumpul di lapangan SMK DWP. 

BACA JUGA:Pelatihan Destana untuk Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

Para siswa fokus mengikuti intruksi yang diberikan oleh para pelatih dari TNI. Latihan PBB ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme bagi siswa. Lewat kegiatan ini, siswa juga dilatih untuk bekerjasama serta menumbuhkan rasa setia kawan dan nasionalisme.

Tujuan dari kegiatan MPLS ini untuk memberikan semangat siswa kembali ke sekolah lagi, mengenalkan lingkungan sekolah dan beradaptasi kembali dengan warga sekolah. 

BACA JUGA:DPRD Usulkan Pembangunan Halte di Depan Pasar Margasari Tegal

“Kami harap anak-anak terlatih untuk lebih cinta Quran, beradab, saling menghormati, semakin disiplin, komunikatif, dan berjiwa kepemimpinan," bebernya.

Pada hari Rabu, seluruh rangkaian MPLS ditutup dengan upacara penutupan dan pembagian hadiah untuk para peserta MPLS dengan lima kategori. Kategori teraktif, terapi, terdisiplin, teramah, dan terunik untuk putra dan putri.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Sidak Progres Perbaikan RTLH

"Selamat kembali ke sekolah dan selamat belajar ananda soleh dan solehah, semangat," pungkasnya.

Kategori :