Simak Penyebab Skor Kredit Jelek, Salah Satu Alasan Pengajuan Pinjaman Ditolak

Selasa 30-07-2024,20:45 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Ingin melakukan pengajuan pinjaman namun terhalang oleh riwayat kredit yang tidak baik? Lalu apa sajakah penyebab skor kredit jelek?

Pasalnya terdapat banyak alasan dan penyebab skor kredit jelek, biasanya pihak penyedia pinjaman online akan melakukan pengecekan BI checking dengan tujuan melihat riwayat kredit anda sebelumnya.

Oleh sebab itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman pastikan anda memiliki riwayat kredit yang baik, namun jika anda memiliki riwayat kredit yang buruk maka anda perlu mencari tahu penyebab skor kredit jelek.

Dengan mengetahui penyebab skor kredit jelek, maka anda dapat mengatasinya dengan tepat.

BACA JUGA:5 Tips Jitu Menjaga Skor Kredit SLIK OJK Tetap Baik dan Aman

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai penyebab nilai kredit tidak bagus yang perlu anda ketahui, yuk simak ulasannya dibawah ini.

 

1. Pembayaran Telat atau Tidak Dibayar

Tunggakan Kartu Kredit: Salah satu penyebab skor kredit jelek yang utama, karena dengan adanya tunggakan pembayaran tagihan kartu kredit maka skor anda akan menurun. Setiap kali pembayaran telat, catatan negatif akan tercatat dalam laporan kredit Anda.

Cicilan KPR/KTA: Tunggakan cicilan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) juga akan berdampak buruk pada skor kredit.

Tagihan Lain: Tagihan-tagihan lain seperti tagihan telepon, listrik, atau internet yang tidak dibayar juga dapat mempengaruhi skor kredit.

2. Memanfaatkan Limit Kredit Maksimal

Menggunakan kartu kredit hingga mencapai limit maksimal menunjukkan bahwa Anda sangat bergantung pada kredit. Hal ini dianggap berisiko oleh lembaga keuangan karena menunjukkan potensi kesulitan dalam mengelola keuangan.

3. Banyak Pengajuan Kredit dalam Waktu Singkat

Setiap kali Anda mengajukan permohonan kredit, baik itu kartu kredit, KTA, atau KPR, lembaga keuangan akan melakukan penarikan laporan kredit Anda. Terlalu banyak penarikan laporan kredit dalam waktu singkat dapat ditafsirkan sebagai tanda bahwa Anda sedang mengalami kesulitan keuangan.

Kategori :