Terganggu Iklan di HP yang Sering Muncul Tiba-t? Ikuti 5 Cara Efektif untuk Menghilangkannya

Rabu 31-07-2024,07:22 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Banyak yang mencari cara menghilangkan iklan di HP Andorid karena kesal oleh iklan yang tiba-tiba muncul. Iklan yang muncul di HP Android disebabkan oleh beberapa faktor.

Iklan yang muncul di HP Android ini bisa jadi datang dari berbagai sumber, salah satunya aplikasi yang mengandung banyak iklan. Kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan iklan di HP Andorid.

Cara menghilangkan iklan di HP Andorid ini tidak terlalu sulit, kamu bisa melakukan beberapa trik ini agar iklan tidak muncul kembali. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga jika trik ini tidak efektif.

BACA JUGA: 4 Metode Khusus OS untuk Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Ponsel Realme

Agar tidak kesal dengan iklan yang muncul di HP Android, berikut ini kita akan membagikan tips dan cara menghilangkan iklan di HP Andorid. Simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara menghilangkan iklan di HP Andorid

1. Mematikan Data Selule r

Langkah pertama dan paling sederhana untuk mengurangi iklan yang muncul tiba-tiba adalah dengan mematikan data seluler. Metode ini efektif mencegah aplikasi dan situs web memuat iklan secara otomatis. Caranya mudah:

  1. Buka pengaturan HP
  2. Pilih opsi "Jaringan & Internet"
  3. Matikan data seluler

BACA JUGA: Tips Menghilangkan Iklan di Hp Tanpa Aplikasi Tambahan

Perlu diingat, cara ini juga akan menghentikan semua notifikasi yang masuk ke HP. Meski demikian, ini bisa menjadi solusi cepat saat kamu ingin fokus atau menghemat kuota data.

2. Memanfaatkan Aplikasi AdBlocker

Penggunaan aplikasi AdBlocker merupakan salah satu cara paling efektif untuk memblokir iklan di perangkat Android. Beberapa aplikasi populer yang tersedia di Google Play Store antara lain:

  1. AdBlock Plus
  2. Blokada

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pilihan, aktifkan fiturnya untuk melihat penurunan signifikan jumlah iklan yang muncul. Aplikasi-aplikasi ini bekerja dengan mengurangi dan mencegah iklan masuk ke perangkat, memberikan pengalaman browsing yang lebih nyaman.

BACA JUGA: Cara Hilangkan Iklan pada Hp Xiaomi yang Mengganggu

3. Memblokir Pop-up dari Browser

Banyak iklan yang muncul tiba-tiba berasal dari pop-up saat menjelajahi internet. Untuk mengatasi ini, kamu dapat mengaktifkan fitur pemblokiran pop-up di browser. Langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung browser yang digunakan.

Namun umumnya dapat ditemukan di pengaturan browser. Fitur ini sangat efektif untuk mengurangi gangguan iklan saat browsing.

4. Mematikan Aplikasi Pemuat Iklan

Beberapa aplikasi memiliki iklan terintegrasi yang sering menjadi penyebab munculnya iklan tiba-tiba. Untuk mengatasi ini:

  • Buka pengaturan HP
  • Pilih "Aplikasi & Pemberitahuan"
  • Cari aplikasi dengan iklan yang mengganggu
  • Nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut
  • BACA JUGA: Terganggu Karena Iklan yang Muncul di HP? Ikuti 5 Cara Menghilangkan Iklan di HP Vivo

    Langkah ini efektif mengurangi sumber utama iklan yang mengganggu, terutama dari aplikasi bawaan yang tidak terlalu penting.

    5. Mengaktifkan Fitur Play Protect

    Play Protect adalah fitur keamanan bawaan dari Google Play Store yang melindungi perangkat dari aplikasi berbahaya, termasuk yang menyebabkan munculnya iklan tiba-tiba. Untuk mengaktifkannya:

  • Buka Google Play Store
  • Ketuk ikon tiga garis di kiri atas
  • Pilih "Play Protect"
  • Aktifkan opsi "Scan perangkat secara otomatis"
  • Fitur ini memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap aplikasi yang berpotensi menimbulkan iklan yang mengganggu.

    BACA JUGA: Cara Mudah Menghilangkan Iklan Pop-up yang Mengganggu di Layar Android dan iPhone

    Dengan menerapkan   cara menghilangkan iklan di HP Andorid di atas, kamu dapat secara signifikan mengurangi atau bahkan menghilangkan gangguan iklan yang muncul tiba-tiba di perangkat Android.

    Penting untuk diingat bahwa beberapa iklan mungkin masih muncul di situs web atau aplikasi tertentu, namun dampaknya akan jauh berkurang.

    Dalam memilih metode yang tepat, pertimbangkan kebutuhan dan preferensi penggunaan perangkat kamu. Jika kamu sering menggunakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, mematikan data seluler mungkin bukan pilihan terbaik.

    Dalam kasus seperti ini, menggunakan AdBlocker atau mengaktifkan fitur pemblokiran pop-up di browser mungkin lebih sesuai.

    BACA JUGA: Cara Menghentikan Iklan di Ponsel Android Anda Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

    Terakhir, jangan lupa untuk secara rutin memperbarui sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan. Pembaruan sering kali membawa perbaikan keamanan dan dapat membantu mengatasi masalah iklan yang mengganggu .

    Kategori :