Dispertan Kabupaten Pemalang Diminta Ciptakan Teknologi Pertanian

Senin 29-07-2024,08:30 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pemalang diharapkan mampu menciptakan teknologi pertanian guna mendongkrak minat generasi muda di sektor pertanian. Demikian disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat panen raya padi di Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan.

Harapan bupati itu mencul ketika dilokasi acara panen raya nampak banyak orang tua yang hadir namun sebaliknya hanya sedikit pemuda yang hadir di area panen tersebut, hal ini bisa menjadi salah satu indikator rendahnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian di wilayahnya.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Pastikan Kualitas dan Kepatuhan Pembangunan Perumahan

“Para petani yang hadir sudah banyak yang tua tua, para pemuda harus menggantikan para petani atau regenerasi bagamana caranya para pemuda cinta terhadap dunia pertanian,” terangnya.

Untuk itu, kata bupati,  pihaknya mendorong Dinas Pertanian setempat untuk menciptakan teknologi pertanian sehingga generasi muda akan mudah tertarik di sektor pangan ini.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Dukung Aksi Tanam Mangrove

“Biasanya para pemuda suka yang praktis, gimana caranya Dinas Pertanian menciptakan teknologi pertanian sesuai usulan pak Kades Widodaren diadakan combat atau traktor dan traktor remote nanti kita bantu di tahun 2025,”  jelas bupati.

Sementara saat melihat langsung alat panen yang digunakan tidak mendukung, bupati juga berjanji akan membantu alat penen padi di wilayahnya.

“Nanti kita bantu alat pemanen padi karena panen raya alatnya tidak mendukung,” pungkasnya.

Kategori :