Begini Tips Galbay Pinjol Ilegal Menurut OJK jika Sulit Melunasi Utang

Sabtu 27-07-2024,20:50 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Agar debitur terhindar dari teror maka sebaiknya lakukan komunikasi mengenai keringanan pembayaran utang. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan Anda kabur-kaburan dari penagihan debt collector.

3. Nonaktifkan Izin Akses Kontak

Tips galbay pinjol ilegal yang berikutnya, yakni menonaktifkan akses izin kontak di aplikasi pinjol ilegal. Akses ini biasanya tak hanya mencakup perizinan kontak saja melainkan data pribadi dan lainnya.

Dengan menghapus akses tersebut, pinjol ilegal tidak akan dapat mengakses informasi pribadi Anda. Cara ini bisa menghindari teror atau penyadapan data penting yang ada di ponsel Anda.

4. Hapus Aplikasi Pinjol

Selanjutnya, Anda perlu menghapus aplikasi pinjol ilegal dari ponsel Anda. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan jejak dari pinjol ilegal dan mencegah mereka mengakses data Anda melalui aplikasi tersebut.

5. Laporkan Apabila Melakukan Kekerasan

Apabila pihak penagih pinjol ilegal melakukan ancaman atau tindakan kekerasan kepada Anda, segera laporkan kepada Polisi atau OJK. Anda dapat melaporkannya ke kantor polisi terdekat atau mengadukan pinjol ilegal tersebut kepada OJK melalui email humas@ojk.co.id atau WhatsApp di nomor 081-157-157-157.

Dengan kelima cara di atas Anda yang galbay di pinjol ilegal bisa terhindar dari berbagai risiko merugikan. Pastikan Anda mengikuti cara-cara ini dengan baik agar terbebas dari risiko merugikan pinjol ilegal.

Demikian informasi seputar tips galbay pinjol ilegal yang aman dan efektif untuk menghindari penagihan kasar. Semoga bermanfaat bagi anda yang bermasalah dengan keuangan.(*)

Kategori :