Begini Tips Galbay Pinjol Ilegal Menurut OJK jika Sulit Melunasi Utang

Sabtu 27-07-2024,20:50 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG – Terlanjur menggunakan pinjaman online ilegal dan berakhir gagal bayar atau galbay? Begini tips galbay pinjol ilegal yang aman dan efektif untuk dicoba.

Artikel ini akan menjelaskan tentang tips galbay pinjol ilegal. Dengan beberapa cara ini Anda bisa terhindar dari berbagai risiko merugikan.

Teror atau penagihan pinjaman ilegal seringkali membuat debitur merasa cemas dan khawatir. Karena itu tips galbay pinjol ilegal bisa jadi solusi agar debitur terlindungi dari berbagai penagihan yang tidak wajar.

BACA JUGA:Nasabah Galbay Tak Perlu Panik, 5 Tips Menghindari Teror DC Pinjol Tanpa Blokir Nomor Ini Bisa Dicoba

Tindakan penagihan seperti ini memang sering terjadi, pasalnya pinjol ilegal tidak ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Galbay harus dilakukan dengan aman, karen aitu OJK memberikan saran kepada debitur yang sudah terlanjur menggunakan platfrom ilegal.

Lantas bagaimana tips galbay pinjol ilegal sesuai saran dari OJK? Berikut beberapa langlah tapat yang efektif untuk mengatasi gagal bayar pinjaman online.

 

1. Jangan Blokir Nomor Debt Collector

Tips galbay pinjol ilegal pertama, yaitu jangan memblokir nomor debt collector. Jika nekat memblokir nomor debt collector hanya akan memberikan dampak buruk kepada debitur.

BACA JUGA:Awas! Begini Risiko Galbay di Pinjol Ilegal Paling Berbahaya dan Solusi Mengatasinya

Memblokir nomor bukanlah solusi efektif untuk menghindari teror apabila galbay. Hal ini dikarenakan debt collector masih bisa menghubungi Anda dengan nomor baru atau ke kontak darurat.

Jadi, solusi efektif yang bisa dilakukan yakni biarkan saja dan sebisa mungkin respon dengan baik. Merespon panggilan dari debt collector jauh lebih baik ketimbang Anda menghindar dari penagihan.

2. Jangan Kabur dari Penagihan

Debitur yang mengalami galbay tidak dianjurkan untuk kabur dari penagihan debt collector. Menolak panggilan hanya akan membuat DC emosi dan bisa melakukan penagihan diluar aturan.

BACA JUGA:Tips Galbay Pinjol Supaya Tidak Dikejar DC Lapangan ke Rumah

Kategori :