Kepala DLH Kabupaten Pemalang Tinjau Pengolahan Sampah

Senin 22-07-2024,09:15 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Untuk melihat secara langsung proses pengolahan sampah di Desa Belik, Kecamatan Belik dan mengevaluasi efektivitas dari sistem yang sudah berjalan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang melakukan peninjauan ke tempat pengolahan sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten  Pemalang Wiji Mulyati mengatakan, pihaknya berdiskusi dengan pengelola tempat pengolahan sampah serta perangkat desa untuk mendapatkan masukan dan saran demi meningkatkan kinerja pengolahan sampah. Tinjauan ini merupakan bagian dari upaya pemkab untuk memastikan pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5 Bumiharja Kabupaten Tegal Terbakar, Damkar Langsung Bergerak

"Ini juga untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah," jelasnya.

Tindakan ini juga sejalan dengan program pemkab untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Serta untuk mendukung program pemerintah pusat dalam pengelolaan sampah yang lebih efisien.

"Hasil dari kunjungan ini diharapkan dapat memberikan solusi nyata dan langkah-langkah yang diperlukan untuk perbaikan sistem pengolahan sampah di Desa Belik dan sekitarnya," terangnya.

BACA JUGA:SDIT Usamah Tegal Gelar Sosialisasikan Program Sekolah

Kasi Trantib Kecamatan Belik Bambang Martono menambahkan,  peninjauan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Masalah sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga memerlukan kerja sama dari masyarakat dan pelaku usaha setempat.

Bambang berharap inovasi dan program yang diterapkan, seperti pengolahan sampah digital dan kerja sama dengan pihak ketiga. Dapat membantu mengurangi volume sampah di wilayah Belik.

Kategori :