Simak, Begini 5 Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Agar Cepat Cair

Minggu 21-07-2024,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Bila tabungan belum mencukupi dan ingin mendapatkan tambahan modal usaha dari sumber lainnya, kalian bisa mencoba cara crowdfunding.

Dalam sistem crowdfunding, pemilik usaha membuat campaign berisi ide bisnis yang diunggah lewat media sosial atau situs web. Nantinya, orang-orang yang tertarik akan menyumbangkan dana yang dapat dijadikan modal untuk menjalankan usaha.

Walau terkesan cepat dan praktis, mendapatkan modal dari crowdfunding tidak selalu mudah. Sebab, kalian harus mampu menyampaikan ide bisnis yang tak hanya lengkap dan jelas tapi juga unik dan menarik. Jadi, persiapkan campaign-mu sebaik mungkin. 

4. Menggunakan Fasilitas Pinjaman

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat dan mudah yaitu dengan menggunakan fasilitas pinjaman. Pinjaman online banyak dipilih karena proses pengajuannya yang tergolong praktis dan tidak mengharuskan jaminan aset.

Namun, kalian perlu berhati-hati, pasalnya kini banyak pinjaman online yang belum terjamin legalitasnya. Jika ingin mengajukan pinjaman, pastikan kalian memilih pinjaman yang aman dan telah terdaftar di OJK.

BACA JUGA:4 Tips Dapat Pinjaman Modal Usaha dengan Bunga Rendah

5. Ajak Teman Berbisnis

Mungkin kalian kesulitan membuat bisnis sendiri, tidak ada salahnya jika kalian mengajak teman. Selain mendapatkan tambahan modal usaha, keberadaan teman juga bisa membantu memberikan ide-ide yang baru untuk perkembangan bisnismu.

Nah, memilih teman berbisnis pun perlu banyak pertimbangan. Jangan mengajak teman hanya karena sudah mengenalnya sejak lama. Sadari bahwa bisnis tidak selalu untung dan ada kemungkinan kendala yang harus dilalui bersama secara profesional.

Ketahui apakah kompetensi teman sudah sesuai dengan yang kalian butuhkan. Selain itu, kalian dan teman harus menyatukan tujuan agar bisnis bisa mencapai target yang diinginkan. Ingat, modal yang telah kalian dapatkan juga harus dikelola dengan baik agar bisnismu berjalan lancar. Pastikan kalian rutin membuat catatan pembukuan agar perencanaan keuangan usaha lebih terarah.

Itulah beberapa informasi seputar 5 cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang dapat kalian coba dan lakukan untuk memperoleh dana besar untuk bisnisnya. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :