Simak, Begini 5 Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Agar Cepat Cair

Minggu 21-07-2024,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Cara mendapatkan pinjaman modal usaha ini bisa kalian dapatkan dengan mudah dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini, selain mengajukan pinjaman dana di suatu aplikasi kalian juga bisa mencari jalan keluar lainnya.

Sebelum kalian mengetahui beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat, kalian harus menetapkan rencana dana yang dibutuhkan dan menetapkan jumlah dana pinjaman. 

Berbisnis kini jadi salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapat penghasilan. Sayangnya, banyak orang yang belum berani memulai karena ketersediaan modal yang terbatas. Padahal ada berbagai cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang bisa kalian lakukan. 

Nah, berikut ini akan kami beritahu cara mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah dan cepat yang bisa kalian coba. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:5 Syarat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha agar Cepat Acc

 

1. Mendapatkan Modal dari Program Pemerintah

Mengingat kontribusi UMKM yang besar terhadap pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia, pemerintah senantiasa memberi dukungan melalui program-program penyediaan modal untuk usaha kecil menengah. Tentunya, bantuan ini bisa dimanfaatkan bagi kalian yang baru merintis usaha.

Untuk mendapatkannya, kalian perlu membuat proposal dan mengajukannya ke dinas kementerian UKM terdekat. Persiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan proposal. Pastikan kalian telah memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditentukan. 

2. Menggunakan Tabungan Pribadi

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha berikutnya yaitu menggunakan tabungan pribadi. Meski demikian, cara ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Apalagi jika kalian belum memiliki simpanan khusus untuk berbisnis dan harus memulai dari awal.

Yang utama kalian bisa mulai membatasi pengeluaran sehari-hari dan rutin menyisihkan penghasilan untuk tabungan dana usaha. Agar lebih mudah, susun rencana alokasi budget lalu tentukan seberapa banyak yang ingin ditabung. Buatlah perhitungan budget yang tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

Bagi kalian yang bekerja dengan penghasilan tetap, pemasukan dari bonus atau THR juga bisa dimanfaatkan untuk tambahan modal usaha.

BACA JUGA:Ingin Bebas Riba? Inilah Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba, Terapkan Motode Halal

3. Melakukan Crowdfunding

Kategori :