Bagaimana Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP? Terapkan 9 Langkah Ini Dijamin Aman

Sabtu 20-07-2024,20:39 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Lakukan hapus kontak atau menyembunyikan kontak HP yang berisi orang terdekat.

6. Download Aplikasi Secara Resmi

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP berikutnya yaitu download aplikasi secara resmi. Aplikasi pinjol palsu atau modifikasi biasanya menawarkan bunga rendah, plafon tinggi, dan syarat mudah untuk bisa menarik nasabah. Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk bisa mencuri data pribadi nasabah termasuk kontak HP.

Unduh aplikasi pinjol secara resmi seperti di Google Play, App Store, atau situs web resmi pinjol.

7. Ganti Kartu SIM

Apabila pinjol telah berhasil mengakses kontak HP kalian, mereka akan menghubungi nomor HP kalian untuk menagih dan mengancam. Jika tidak mau terus menerus diganggu oleh pinjol, mengganti kartu SIM dengan nomor baru yang tidak diketahui oleh pinjol bisa menjadi pilihan alternatif.

BACA JUGA:4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

8. Melunasi Utang Pinjol

Biasanya pinjol akan menghubungi kontak HP jika terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjaman. Apabila nasabah membayar tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian, pinjol tidak akan menghubungi kontak HP.

Jangan sampai menunggak atau melarikan diri dari hutang karena hal tersebut akan menimbulkan masalah yang lebih besar. 

9. Pastikan Pinjol Resmi

Pinjol resmi yang sudah terdaftar di OJK mempunyai standar operasional yang sesuai dengan peraturan dan etika. Mereka tidak akan sembarangan untuk mengakses kontak HP dan melakukan praktik yang merugikan nasabah. Perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah pinjol yang ingin digunakan resmi terdaftar di OJK atau tidak. 

Demikian beberapa informasi mengenai 9 cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang perlu kalian ketahui agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :