Bagaimana Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP? Terapkan 9 Langkah Ini Dijamin Aman

Sabtu 20-07-2024,20:39 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Ternyata ada cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP. Ya, saat menggunakan pinjol alias pinjaman online biasanya kita diminta untuk mengunduh aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengakses kontak di ponsel.

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP merupakan solusi tepat yang bisa kalian lakukan untuk menghindari teror dan kejaran debt collector (DC) pinjol. Pasalnya teror dari penagih utang atau debt collector kerap dilakukan melalui kontak di ponsel peminjam. 

Banyak ditemui kasus pinjol yang memanfaatkan atau menyadap kontak untuk mengirim teror kepada orang terdekat jika kita sebagai pengguna mengalami galbay. Kontak pengguna pinjol yang bisa diakses biasanya akan digunakan untuk mengirim pesan ancaman pada kontak yang tersimpan di ponsel. Karena itu, cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP merupakan solusi efektif yang dapat dicoba. 

Nah, dibawah ini ada beberapa cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang bisa kalian terapkan untuk menghindari berbagai risiko kerugian kedepannya. 

BACA JUGA:4 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dan Data Penting 

1. Perbarui Aplikasi

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yaitu pastikan kita memiliki versi terbaru dari aplikasi pinjol. Beberapa pembaruan mungkin memiliki opsi lebih baik untuk mengelola izin dan privasi.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi mungkin tetap memerlukan akses tertentu untuk berfungsi sepenuhnya. Jadi pastikan untuk membaca dengan cermat sebelum mengubah izin atau menggunakan aplikasi tersebut.

2. Pengaturan Aplikasi

  • Buka pengaturan pada perangkat dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi."
  • Pilih aplikasi pinjol yang ingin diatur.

3. Izin Aplikasi

  • Di dalam pengaturan aplikasi, temukan opsi "Izin" atau "Izin Aplikasi."
  • Matikan akses aplikasi ke kontak dengan mematikan izin kontak.
  • 4. Pemberitahuan

    Pastikan untuk mematikan pemberitahuan atau notifikasi dari aplikasi pinjol. Sehingga aplikasi tidak bisa mengirimkan permintaan akses kontak.

    BACA JUGA:7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

    5. Pastikan Kontak HP Tidak Berisi Orang Terdekat

    Jika pinjol berhasil untuk mengakses kontak HP kalian, mereka akan mencari nomor- nomor yang sering dihubungi atau yang mempunyai hubungan dekat. Pinjol akan menghubungi nomor- nomor untuk menagih pembayaran dan menyebarkan data pribadi.

    Kategori :